Published On: Rab, Apr 16th, 2014

Kepala MA Protes Soal UN Berbau Politisasi Jokowi

Share This
Tags

TUBAN

DIPROTES : Inilah salah satu naskah soal UN

DIPROTES : Inilah salah satu naskah soal UN yang diprotes

seputartuban.com – Adanya kutipan biografi calon presiden (Capres), Joko Widodo (Jokowi) di soal Ujian Nasional (UN) pelajaran bahasa indonesia, membuat Kepala MA Assomadiyah Tuban protes. Karena berbau kampanye terselubung, dengan mempengaruhi kalangan pelajar. Dugaan ini karena Pemilihan Presiden (Pilpres) akan dilaksanakan beberapa puluh hari lagi.

Dalam soal nomor 13 dan 14 tersebut, siswa diminta mencermati kutipan biografi Ir. H. Joko Widodo. Disebutkan perjalanan Jokowi hingga menjadi seperti sekarang. Ia juga ditulis sebagai sosok pemimpin yang baik, besih dan tidak korupsi.

Kepala MA Ash Shomadiyah, Riza Salahuddin Habibi saat dikonfirmasi, Selasa (15/4/2014) menyampaikanhal ini merupakan pelanggaran. Karena secara tidak langsung sudah kampanye terselubung dikalangan pemilih pemula yakni pelajar. Dalam proses UN ini juga dibiayai anggaran negara dan dikalangan pendidikan, sehingga tidak diperbolehkan melakukan hal ini.

Lebih lanjut, Gus Riza sapaan akrabnya, setelah selesai mengawasi UN jam 13.00 WIB langsung mengirimkan surat ke pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban. “Tembusan surat ini ke Bupati Tuban, dan Ketua DPRD Tuban,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia UN Kabupaten Tuban, Heny Indriana, saat dikonfirmasi mengaku tidak tahu kalau ada soal seperti ini. Dia menjelaskan, soal tersebut dikerjakan oleh tim pusat. Pihaknya hanya menerima dan mendistribusikan ke tingkat rayon.

Selain itu, munculnya protes Kepala Sekolah ini juga baru mengetahuinya saat dikonfirmasi wartawan ini. “tentu saja ini akan kita diskusikan kepada pihak-pihak terkait,” katanya. (am)

Facebook Comments

About the Author