Published On: Sab, Okt 22nd, 2016

Kemungkinan Besar 2017 Pemkab Tuban Kesulitan Anggaran

TUBAN

seputartuban.com – Dana Alokasi Umum (DAU) dari Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Tuban anggaran 2017 dipastikan tidak naik. Hal itu disebabkan karena keuangan negara masih mengalami devisit, sehingga DAU untuk Kabupaten dan Kota se Indonesia disamakan tahun selumnya.

.Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein

.Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein menjelaskan pada tahun anggaran 2017 DAU tidak mengalami kenaikan seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun anggaran 2017 diperkirakan DAU yang didapat Kabupaten Tuban sama dengan tahun ini. “Karena keterbatasan keuangan negara sehingga disamakan tahun 2016,” kata Wabup, Noor Nahar Hussein, Jumat (21/10/2016).

Meskipun DAU yang diterima tidak mengalami kenaikan, namun untuk gaji pegawai dipastikan mengalami kenaikan. Sedangkan tahun-tahun sebelumnya mengalami kenaikan hingga 10 persen dari anggran tahun sebelumnya. “Kalau untuk gaji pegawai setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan sebesar 5%,” sambung Wabup.

Sedangkan untuk tahun 2017 Pemkab Tuban tidak berani menaikkan penggunaan anggaran. Seperti halnya anggaran KONI yang mengajukan untuk dinaikkan, besar kemungkinan tidak disetujui. Sehingga Pemkab harus menyusun program-program yang benar-benar dapat didanai dan menyesuaikan anggaran yang ada. “Untuk program kegiatan tahun 2017 akan disesuaikan dengan anggaran yang ada,” ujarnya.

Diketahui, untuk tahun anggaran 2016 Pemkab Tuban sebenarnya menerima DAU sebesar Rp 1,046 triliun. Namun karena keuangan negara mengalami devisit, akhirnya dipangkas sebesar Rp 113,6 miliar atau hanya menerima DAU sebesar Rp 932,4 miliar. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author