Published On: Sab, Feb 14th, 2015

Kemenag Tuban; Valentine’s Day Bukan Budaya Islam

TUBAN

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Muhlisin Mufa

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Muhlisin Mufa

seputartuban.com – Kementrian Agama Kab. Tuban menegaskan bahwa hari Valentine’s Day yang diperingati sebagian masyarakat Tuban dari kalangan remaja hingga dewasa bukan merupakan bagian dari budaya Islam.

Untuk itu, melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Pendma), menghimbau kepada para siswa dilingkungan Kemenag Tuban agar tidak ikut-ikutan merayakan Valentine’s Day. Karena tidak ada dasar hukumnya perayaan ini.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, M. Muhlisin Mufa mengatakan menghimbau seluruh siswa Madrasah agar tidak termakan budaya barat untuk meluapkan rasa kasih sayang ini. Apalagi hingga melakukan hal-hal yang menjadi larangan agama.

“Dalam ajaran Islam tidak ada istilah Valentine, sebab kita diajarkan untuk memiliki rasa kasih sayang sesama manusia setiap saat,” katanya, M. Muhlisin Mufa, Jumat (13/02/2015).

Para Kepala Sekolah dan guru madrasah diharapkan turut serta melakukan pengawasan aktif terhadap siswanya. Serta memberikan sangsi bagi siswa yang merayakan Valentine’s Day. Selain itu juga kepada para wali murid diharapkan juga aktfi mengontrol anaknya. Agar tidak memberikan ijin kepada putra/putrinya yang keluar malam saat hari kasih sayang ini.

“Kita harus memikirkan manfaat dari kegiatan itu, kita juga harus bisa memilih dan memilah apakah itu budaya yang baik atau merugikan kita,” sambungnya.

Diketahui, Saat ini Pemkab Tuban memberlakukan pembelian kondom harus menggunakan KTP atau Surat Nikah. Hal ini sebagai upaya pencegahan terjadinya seks bebas untuk merayakan Valentine’s Day. MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author