Published On: Rab, Sep 9th, 2015

Kemenag Tuban Oplos Kurikulum Madrasah Swasta

TUBAN

MUHLISIN MUFA: Untuk madrasah swasta boleh memilih, pakai KTSP atau Kurikulum 2013.

MUHLISIN MUFA: Untuk madrasah swasta boleh memilih, pakai KTSP atau Kurikulum 2013.

seputartuban.com-Karena terganjal kendala teknis, hingga saat ini Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban masih belum memberlakukan Kurikulum 2013 (K13) secara penuh pada
lembaga madrasah swasta.

K13 sendiri baru bisa diapliksikan pada madrasah berstatus negeri meski belum merata pada semua kelas. Untuk tingkat MIN kelas 1,2,4 dan 5, MTsN kelas 7 dan 8. Sedangkan MAN kelas 10 dan 11.

Kasi Pendidikan Madrasah (Penma) Kemenag Tuban, M Muhlisin Mufa, mengatakan untuk mensiasati hal tersebut pihaknya menerapkan kurikulum oplosan bagi madrasah swasta.

Menurut dia, kurikulum oplosan dimaksud adalah untuk mata pelajaran agama memakai K-13 tetapi untuk mata pelajaran umum menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) .

“Untuk swasta boleh memilih, pakai KTSP atau Kurikulum 2013. Tapi, saat ini kita sudah mereview kurikulum madrasah. Pemberlakukan kurikulum itu sendiri untuk keberhasilan
pendidikan karakter,” ungkap Muhlisin, Selasa (08/09/2015) siang.

Menurut dia, pemberlakuan K13 untuk lembaga swasta akan diberlakukan secara bertahap. Sebab, kata dia, hingga saat ini masih ada kendala dalam pengimplementasiannya.

Seperti belum terpenuhinya kelengkapan kegiatan belajar mengajar (KBM) menginta dengan penerapan K13 diperlukan buku penunjang yang baru.

Berkaitan itu, Muhlisin berharap agar pemerintah memenuhi kebutuhan dan kelengkapan terkait pemberlakukan K13.

“Karena memang hal itu yang menjadi kendala utama yang membuat K13 tidak bisa terlaksana sesuai dengan harapan tanpa peran serta dari pemerintah,” tandas Muhlisin.

Disebutkan, saat ini jumlah sekolah di Kabupaten Tuban yang berada di bawah naungan Kementerian Agama untuk tingkat MI ada 401 lembaga, tingkat MTs 96 lembaga dan MA 34 lembaga. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author