Published On: Jum, Mei 30th, 2014

Kemenag Masih Buta Kuota Sertifikasi 2014

TUBAN

MENGEJAR WAKTU: Sejumlah guru tengah melengkapi berkas di Kantor Kemenag Tuban, Jumat (30/05/2014) pagi.

MENGEJAR WAKTU: Sejumlah guru tengah melengkapi berkas di Kantor Kemenag Tuban, Jumat (30/05/2014) pagi.

Seputartuban.com-Hingga sejauh ini kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban masih belum mengetahui jumlah kuota sertifikasi guru untuk tahun 2014. Hanya saja, dipastikan  sebanyak 485 guru mulai dari tingkat RA, MI, MTs dan MA masuk dalam longlist yang ada.

Kepastian itu diperoleh berdasarkan SK Dijen Pendidikan Islam Nomor 1828 Tahun 2014 tentang juknis pelaksanaan sertifikasi bagi Guru RA/Madrasah dalam jabatan tahun 2014. Sementara untuk menentukan longlist menggunakan sistem aplikasi penetapan peserta sertifikasi guru (AP2SG).

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Muhlisin Mufa, mengatakan untuk menentukan calon penerima sertifikasi berdasarkan data verifikasi dan validasi melalui program Padamu Negeri di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Saat ini sedang dilakukan pendaftaran yang telah ditutup 30 Mei 2014.

Mufa menjelaskan, yang menjadi persyaratan utama adalah masa kerja minimal 8 tahun, berpendidikan minimal S1. Jika sebelumnya antara mapel yang diajarkan dengan ijazahnya tidak sesuai boleh tetapi untuk saat ini tidak diperbolehkan. Antara mapel yang diampu dengan ijazahnya harus sesuai.

“Saat ini untuk tingkat MI mapel Bahasa Inggris sudah tidak ada atau dihapuskan untuk ikut sertifikasi,” tandas dia.

Disebutkan, untuk tahun 2012 ada sebanyak 275 guru yang lulus sertifikasi, tahun 2013 ada sebanyak 391 guru, sedangkan tahun ini belum diketahui kuotanya dan masih dilakukan proses pendaftaran.

Proses pengumpulan berkas tersebut bila sampai 30 Mei belum selesai akan diberikan kesempatan sampai Sabtu (31/05/2014). Kendala paling umum adalah SK dari yayasan dimana mereka mengajar. Diharapkan bagi guru yang sudah bersertifikasi bisa melakukan peningkatan kompetensinya dan kinerja. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author