Published On: Sel, Feb 26th, 2019

Kemenag Gelar Rekrutmen Calon Petugas Haji

seputartuban.com, TUBAN – Untuk meningkatkan pelayanan haji, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, menyelenggarkan seleksi petugas haji yang dilaksanakan di Aula Kemenag Tuban, Senin (25/2/2019).

Seleksi itu dilakukan untuk meningkakan kualitas pelayanan haji. Karena peran petugas pelayanan sangat penting dalam pelaksanaan ibadah haji. Kualitas personal petugas akan sangat berpengaruh terhadap pelayanan yang diberikan. “Hal ini disebabkan karena petugas haji adalah orang-orang yang bersosialisasi langsung dengan jamaah haji selama pelaksanaan ibadah haji,”ungkap Kepala Kemenag Tuban, Sahid dalam sambutannya.

OPTIMALKAN PELAYANAN : Kepala Kemenag Tuban saat menyampaikan pengarahan

Seleksi dilakukan menjadi 2 bagian, yakni seleksi administrasi dan kompetensi. Dari Peserta seleksi PPIH yang terdiri dari PNS/ASN Kementerian Agama, termasuk pejabat, pengawas,  kepala madrasah, penyuluh, dan penghulu. Selain itu juga dari unsur organisasi masyarakat dan pondok pesantren.

Selain itu, Sahid menambahkan, peserta yang lolos seleksi di tingkat kabupaten atau kota, akan berlanjut ke tingkat provinsi. Seleksi tingkat provinsi bertempat di Kanwil Kemenag Provinsi, Seleksi terdiri dari wawancara dan tes berbasis CAT.

“Saat ini Pemerintah sedang menggalakkan kepuasan penyelenggaraan ibadah haji, salah satunya diukur dari petugas haji. Calon petugas akan dites sesuai kemampuan dan kredibilitasnya sebagai petugas haji,” imbuhnya.

Sementara itu Kasi Haji Kemenag Kabupaten Tuban, Umi Kulsum menegaskan, kegiatan itu untuk mengakomodir calon petugas yang dibutuhkan untuk menyertai jamaah haji. “Seleksi  ini untuk mendapatkan personalia yang tepat, dan mampu menjalankan tugas ibadah haji,” harapnya.

Diketahui, peserta tes petugas ini sejumlah 16 orang. Terdiri dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) 6 orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) 6 orang dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 4 orang (mengundurkan diri satu orang). Sehingga total yang ikut seleksi 15 orang. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author




Videos