Published On: Ming, Nov 15th, 2015

Kemarau Panjang Pasar Jatirogo Makin Sepi

JATIROGO

MATI SURI : Aktivitas pasar Jatirogo sepi pengunjung, Minggu (15/11/2015) pagi

MATI SURI : Aktivitas pasar Jatirogo sepi pengunjung, Minggu (15/11/2015) pagi

seputartuban.com – Pasar Jatirogo, selama beberapa waktu terakhir makin sepi. Karena pengunjung atau masyarakat semakin jarang mendatangi pasar tradisional tersebut.

Pedagang sayur, Wartini (52), mengaku belakangan ini pembeli makin sepi mengunjungi pasar. “Sejak subuh sampai pagi ini memang jumlah pembeli lebih sedikit dari biasanya. Sebenarnya bukan cuma hari ini tapi beberapa hari belakangan ini memang pembeli sudah agak berkurang,” katanya, Minggu (15/11/2015) pagi.

Hal ini disebabkan sebagian besar petani saat musim kemarau lebih berhemat. Karena mereka tidak mendapat penghasilan dari panen. “Karena musim kemarau panjang juga membuat warga berhemat, karena pemasukan mereka bergantung pada hasil bumi,” tuturnya.

Salah satu pengunjung pasar yang sehari-hari sebagai petani, Rukmini (68), mengaku penghasilan keluarga mengandalkan pertanian. Sedangkan selama 2 bulan terakhir tidak ada panen apapun. “Jika keluarga kami hanya mengandalkan rezeki dari sawah, mungkin keluarga kami bisa jadi tidak makan. Pemasukan terakhir kami dari pertanian pada panen cabai dua bulan yang lalu,” katanya.

Sementara itu, petani tadah hujan diantaranya para petani hutan (pesanggem) juga dibuat was-was kondisi cuaca. Karena setelah hujan beberapa waktu lalu, para petani langsung menanam jagung. Namun hingga beberapa hari sudah tidak terjadi hujan. Jika terlalu lama kondisi seperti ini, dikhawatirkan mengalami gagal tanam. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author