Published On: Sen, Jun 22nd, 2015

Kemarau Diperkirakan Hingga November

TUBAN

seputartuban.com – Musim kemarau iperkirakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Tuban berlangsung lama. Sehingga akan dilakukan pemetaan daerah rawan kekeringan yang biasa terjadi disejumlah kawasan.

Kepala BPBD Kab. Tuban, Joko Ludiono mengatakan pihaknya saat ini tengah mempersiapkan kemungkinan terjadinya bencana kekeringan akibat kemarau panjang.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemarau diprediksi hingga November mendatang.

“Menurut data yang kami miliki untuk daerah yang masuk wilayah rawan kekeringan diantaranya adalah wilayah Kecamatan Parengan, Kecamatan Semanding, Kecamatan Kecamatan Grabagan, Kecamatan Rengel, Kecamatan Soko, Kecamatan Kerek, Kecamatan Montong dan Kecamatan Senori,” jelasnya, Minggu (21/06/2015).

Pemetaan wilayah kekeringan ini dilakukan sebagai antisipasi agar dapat melakukan penanganan dengan tepat. Diantaranya mengajukan penampungan air pada tiap kecamatan yang berpotensi terjadi kekeringan.

“Dalam permasalahan kekeringan ini memang tidak seluruh desa di kecamatan tersebut memiliki permasalahan kesulitan air. Permasalahan sulit air di kecamatan-kecamatan tersebut hanya terdapat di beberapa desa saja,” imbuhnya.

Saat ini tengah dilakukan koordinasi lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menyiapkan anggaran dari APBD Kab. Tuban maupun Provinsi Jatim. Untuk merealisasikan pembangunan penampungan air. “Kedepan kami akan koordinasikan dengan instansi terkait untuk kembali melakukan pemetaan,” tegasnya.

Diketahui, tahun 2014 Pemkab Tuban melalui Dinas Pekerjaan Umum sudah melakukan pembangunan penampungan air, operasionalnya diserahkan pemerintah desa. Namun banyak diantaranya hingga saat ini belum dioperasikan karena masih banyak kendala teknis. Diantaranya terdapat di kawasan Kecamatan Parengan, Kecamatan Grabagan dan Kecamatan Montong. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author