Published On: Sen, Des 12th, 2016

Keluarga Sabrang, Trah Pemimpin Sejak Sebelum Kemerdekaan

SINGGAHAN

seputartuban.com – Keluarga besar keturunan Sabrang, Minggu (11/12/2016), berkumpul di Desa Saringembat, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Trah pemimpin sejak sebelum kemerdekaan RI itu sudah menjadi lebih dari 6 keturunan.

REUNI AKBAR : Dengan Reuni Akbar, keturunan Sabrang hingga lintas generasi masih terdata jelas

Sekitar 1,000 orang lebih hadir dari berbagai daerah di Tuban dan luar kota. Diluar perkiraan panitia, undangan berantai melalui pesan singkat ponsel dan jejaring sosial saja mendatangkan banyak keturunan Sabrang.

Mulai keterunan 3 sampai keturunan 6 nampak hadir. Banyak kejadian yang berkesan dalam pertemuan setengah hari itu. Banyak yang sebelumnya sudah kenal, teman sekolah, teman kerja, mereka baru tahu sebenarnya adalah satu keturunan. “Teman sekolah SMA saya ternyata masih Om saya, dan saya baru tahu. Karena satu keturunan beda buyut,” kata Bambang, salah satu keturunan Sabrang.

Salah satu panitia acara yang juga keturunan ketiga, Karjo, dia tidak mengira rasa kekeluargaan sangat kuat. “Kalau hadir semua lebih dari 2,000 orang. Mereka ada dariJakarta luar kota lainya dan Tuban secara umum. Dari berbagai kalangan ada semua,” ungkapnya.

KOMPAK : Foto bersama salah satu jalur keturunan anak kedua (putri) Sabrang.

Acara yang diadakan tidak jauh dari rumahnya itu menjadi ajang memperkuat rasa kekeluargaan. “Dengan acara ini kita perbaharui data keturunan, bagi yang belum masuk akan dimasukkan. Ini secara berkala akan terus dilakukan. Manfaatnya selain tidak kehilangan kerabat dan keturunan juga dapat jadi ajang saling membantu satu dan lainya. Banyak positifnya lah,” imbuhnya.

Diketahui, Sabrang adalah Kepala Desa Guwoterus, Kecamatan Montong kedua. Dia anak bungsu yang menggantikan ayahnya yang menjadi kades pertama, So Kromo yang menjabat masih zaman sebelum kemerdekaan RI. Kemudian ayah So Kromo adalah Demang Bilowo, ari Desa Ngawun, Kecamatan Parengan. Saat ini makamnya menjadi punden atau makam yang dikeramatkan atau jadi tokoh leluhur desa setempat.

Keturunan Sabrang menyebar ke sejumlah wilayah di Tuban hingga luar kota, “Mengetahui trah keluarga dapat menjadi motivasi lebih bagi keluarga untuk banyak hal,” pungkasnya.  MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author