Published On: Rab, Agu 29th, 2012

Kekeringan, Warga Mencari Air Dari Akar Pohon Yang Telah Mati

Share This
Tags

Penulis : Pito Suwarsono

SEMANDING

seputartuban.com – Warga Dusun Ngendut, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, saat ini tengah kekurangan air bersih akibat kekeringan yang melanda. Sejumlah sumber mata air yang menjadi andalan warga, kini juga telah mengering akibat musim kemarau yang panjang.

Sementara itu pompa air hasil swadaya warga setempat, kini kondisinya juga telah rusak tanpa ada perbaikan. Warga terpaksa mengambil air disebuah mata pada akar pohon beringin yang telah mati, dengan kondisi airnya kotor.

Musim kemarau yang panjang ini, membuat sejumlah sumber mata air bersih di Dusun Ngendut, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban mengering. Warga mengaku resah, lantaran sumber mata air bersih yang menjadi andalan, kini makin mengering. Karena pohon beringin satu-satunya yang menjadi andalan warga untuk menyerap air, telah tumbang disapu angin puting beliung 3 tahun lalu.

Untuk mengambil air bersih, warga harus mengantri. Bahkan kondisi air yang diambil dari mata air tersebut saat ini kondisinya juga keruh, lantaran makin menyusut hingga menyentuh dasar mata air. Air yang di kumpulkan warga, harus di endapkan terlebih dahulu beberapa menit terpisah antara air dan lumpur. Setelah itu air bisa digunakan untuk keperluan mandi, minum, memasak, dan mencuci.

Kepada seputartuban.com, Dawi (40) warga desa setempat mengatakan, meski air yang diambil dari mata air di sela-sela akar pohon ini kondisinya keruh. Namun warga terpaksa mengkonsumsi air tersebut, karena tidak ada lagi mata air yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.

“ya gimana lagi mas, meski kondisinya kotor ya kami terpaksa menggunakan air ini untuk keperluan hidup sehari-hari mas,” ujarnya.

Selain untuk keperluan hidup sehari-hari, warga juga menggunakan air kotor ini untuk keperluan minum ternak. Sehingga untuk mendapatkan air ini, warga harus mengantri sejak pagi, siang, hingga malam hari.

Sementara itu pompa air yang lokasinya tak jauh dari sumber mata air, dan merupakan hasil swadaya warga masyarakat setempat sekitar enam tahun lalu, kini kondisinya sudah rusak dan sangat memprihatinkan.

Kondisi ini sangat dikeluhkan warga, pasalnya hingga saat ini warga mengaku belum pernah mendapatkan bantuan air bersih dari Pemerintah Kabupaten Tuban. Warga berharap Pemkab Tuban bisa memberikan bantuan air bersih dan diupayakan adanya perbaikan pompa air yang kini kondisinya telah rusak.

Foto : Aktifitas warga mengambil air

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos