Published On: Ming, Apr 24th, 2016

Kekayaan Alam Gua Putri Asih Bikin Bupati Tuban Takjub

MONTONG

KAGUM : Bupati Tuban, Fathul Huda saat didampingi Adm KPH Parengan (baju hitam) dan Ketua Koperasi Wono Asih saat berada di ruang 2 Goa Putri Asih

KAGUM : Bupati Tuban, Fathul Huda saat didampingi Adm KPH Parengan (baju hitam) dan Ketua Koperasi Wono Asih saat berada di ruang 2 Goa Putri Asih

seputartuban.com – Bupati Tuban, Fathul Huda sangat mendukung rencana pengelolaan wisata Goa Putri Asih, kawasan Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Dalam kunjunganya Jumat (22/4/2016) siang dia mengatakan Pemkab Tuban siap mendukung sepenuhnya tanpa ikut mencampuri pengelolaanya.

DUKUNG PENUH : Bupati Tuban siap mendukung penuh rencana pengelolaan wisata goa putri asih tanpa harus mencampuri manajemen

DUKUNG PENUH : Bupati Tuban siap mendukung penuh rencana pengelolaan wisata goa putri asih tanpa harus mencampuri manajemen

Tokoh Kharismatik itu datang ke Goa Putri Asih hanya bersama pengawalnya dari Sat Pol PP Pemkab Tuban dan diiringi Camat, Kapolsek dan Danramil Montong. Tidak nampak pejabat Pemkab Tuban yang mengikiti blusukan bupati itu.

Kedatanganya disambut Administratur dan jajaran Perhutani KPH Parengan dan masyarakat sekitar goa. Setelah datang dilokasi, bupati kemudian memasuki goa yang akan dibuka untuk umum tersebut. Dalam kondisi masih alami, nampaknya membuat tokoh asal Desa Talun, Kecamatan Montong itu sangat kagum dengan keindahan bebatuanya.

HERAN : Bupati Tuban nampak kagum selama di dalam goa

HERAN : Bupati Tuban nampak kagum selama di dalam goa

Saat di dalam goa ruang 1, dia sudah mulai mengagumi dengan melihat dinding goa yang masih nampak tetesan air. Saat memasuki ruang 2 rasa kagum semakin bertambah. Melihat batu besar yang menggantung dan dinding goa nampak putih dan mengkristal.

Rasa penasaran bupati tidak dapat dibendung, hingga dia memasuki ruang 1. Saat mulai masuk di pintu ruang yang lebar itu kembali rasa kagum menyelimuti. Langit-langit goa dan sekelilingnya nampak indah. “Seperti dalam lukisan saja, tapi ini asli,” kata bupati.

Sebenarnya dia ingin memasuki seluruh ruang goa putri asih, namun karena pertimbangan teknis keinginan itu ditunda. Oleh tim goa, perhutani dan staf Pemkab Tuban kemudian menyarankan kepada bupati jika sudah pembukaan operasional saja penelusuran sampai ke pintu keluar.

DUKUNGAN KUAT : Bupati Tuban, Pimpinan Kecamatan Montong dan masyarakat foto bersama usai kunjungan

DUKUNGAN KUAT : Bupati Tuban, Pimpinan Kecamatan Montong, jajaran perhutani dan masyarakat foto bersama usai kunjungan

Bupati selain kagum kondisi alami goa, dia juga sangat mengapresiasi langkah akan dibukanya goa di kawasan Perhutani itu. “Kami sangat memberi apresiasi, karena telah memhuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar,” kata Bupati Tuban.

Dengan operasionalnya wisata baru akan membawa dampak manfaat kepada masyarakat dan Perhutani. “Kita mendukung saja, namun bila dimintai bantuan  akan kita berikan hibah. Kita tidak akan ikut campur, mulai pengelolaan dan juga hasilnya,” tegasnya.

Sementara itu, Adm Perhutani KPH Parengan, Daniel Budi Cahyono mengatakan bahwa dalam pengelolaan goa putri asih itu dikelola secara bersama masyarakat. Yang mengelola yaitu Perhutani, LMDH dan Koperasi yang beranggotakan masyarakat dari beberapa desa selaku investor.

Masing-masing pihak akan berbagi hak dan kewajiban. Pemanfaatanya juga dibagi secara proporsional. “Target kita pada lebaran nanti sudah bisa dibuka untuk pengunjung,” kata Adm Perhutani KPH Parengan.

Adm Perhutani KPH Parengan menambahkan bahwa selaku BUMN kepanjangan dari negara, menjalankan amanat UU pasal 33 UUD 1945. Bahwa melalui perhutani negara menguasai sumberdaya alam, kemudian dikelola dan pemanfaatan untuk masyarakat.

“Kita berharap selaku perusahaan memperoleh manfaat dan masyarakat terdekat memperoleh manfaat. Baik secara ekonomi maupun tidak langsung terbukanya berbagai kesempatan berusaha dikawasan ini,” pungkasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author