Published On: Jum, Apr 8th, 2016

Kejari Sebut 2 Orang Calon Tersangka Jabung Ring Dyke

TUBAN

Kasi Intel Kejari Tuban, I Made Wendra

Kasi Intel Kejari Tuban, I Made Wendra

seputartuban.com – Kejaksaan Negeri Tuban (Kejari) sudah menyebutkan 2 orang calon tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembebasan lahan Jabung Ring Dyke. Namun belum ditetapkan sebagai tersangka karena masih melengkapi alat bukti. Dengan taksiran kerugian negara akibat perbuatan keduanya mencapai Rp. 800 juta.

Kasi Intel Kejari Tuban, I Made Wendra menjelaskan kasus yang sudah 4 bulan berstatus penyidikan itu hampir selesai. Namun masih dilakukan pendalaman untuk menguatkan penetapan tersangka. “Sebab kami tidak bisa sembarangan menyebutkan tersangkanya tanpa dasar hukum yang jelas. Hal ini untuk menghindari gugatan,” terangnya saat ditemui  diruanganya, Jumat (8/4/2016) pagi.

Dikhawatirkan alat bukti maupun berkas penyidikan saain masih rawan dilakukan gugatan jika dipakai dasar penetapan tersangka. Hal itu hasil pembahasan dengan tim penyidik, Rabu (3/4/2016). Beberapa alat bukti yang dimilikinya saat ini ia diantaranya adalah hasil penyelidikan, kerugian negara Rp. 800 juta.

Jumlah itu dimungkinkan masih dapat bertambah jika sudah dilakukan pengauditan tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Berdasarkan bukti surat dan dokumen, dapat disimpulkan 2 orang masuk sebagai calon tersangka. Setelah penetapan tersangka, baru akan dilakukan audit BPK. “Masa penyelidikan sudah selesai dengan proses pelaksanaanya menghabiskan waktu selama 6 bulan. Sedangkan proses hukum saat ini sudah memasuki tahapan penyidikan ini sudah bulan ke- 4,” lanjutnya.

Diketahui, persoalan pembebasan lahan untuk Waduk Jabung Ring Dyke tersebut terjadi di Desa Mlangi, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Hingga saat ini masih belum ada penyelesaian terkait ganti rugi atau ganti garap atas lahan yang sebelumnya dipakai petani. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author