Published On: Rab, Feb 29th, 2012

Kecamatan Tambakboyo Panen Jagung Terluas

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

ilustrasi : matanews

seputartuban.com – Musim panen raya jagung yang sekarang lagi meramaikan penjualan pasar, salah satunya di karenakan luas panen  mengalami peningkatan 5%, Menurut data dari Dinas Pertanian Kabupaten Tuban menyebutkan bahwa jumlah luas panen tanaman palawija  seluas 9.500 Ha.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Tuban , Sudarmuji mengungkapkan bahwa dari data kami tercatat Kecamatan Tambakboyo merupakan areal lahan panennya lebih luas dari pada kecamatan lainnya, yaitu luas panen tanamnya mencapai 470 Ha, ini lebih luas dari pada kecamatan lainnya .

Kecamatan Kenduruan luas panennya 117 Ha, Kecamatan Bangilan 75 Ha, Kecamatan Senori  11 Ha, Kecamatan Singgahan 395 Ha, Kecamatan Parengan 300 Ha, Kecamatan Rengel 78 Ha, Kecamatan Grabakan 266 Ha, Kecamatan Plumpang  100Ha, Kecamatan Palang 43Ha, Kecamatan Semanding 60Ha, Kecamatan Jenu 300 Ha, Kecamatan Jatirogo 105Ha, Kecamatan Bancar 36Ha.

Dari jumlah luas lahan panen tanaman palawija saat ini berarti luas lahan panen tanaman palawija jenis jagung  di wilayah  Kabupaten tuban  seluas 2.372 Ha.

Ini merupakan satu diantara penyebab anjloknya harga jagung di wilayah Kabupaten Tuban, Sudarmuji menuturkan “bahwa banyak nya petani yang panen dan lahan pertaniannya juga bagus sehingga panen jagung melimpah,akhirnya penawaran harga jagung mengalami peningkatan yang tidak di barengi oleh permintaan konsumen,” jelasnya.

Facebook Comments

About the Author

Displaying 9 Comments
Have Your Say
  1. PETANI MENJRT berkata:

    klu harga bibit dan pupuk melambung tapi harga panen merosot drastis klu udh gini mau apa petani ?kapan petani bs nikmati hsl panen sesuai dg tenagax…nasip… nasip … CAPEK……DECH……

    • Sitiromahajja berkata:

      Iya EyaNG kaMu,,, hehee,,,kamunya Sendiri Mau ga Jadi PetaNi,, hihihi,,,Aku ju9a awaLnyA o9AH jaDi PeTani,,, hheehe,,Tapi saAT ikUT seMinaR NasiOnaL TTG SaiNS PertaniaN Aku mendapat TanTanGaN baRu,,,TanTanGAN itu Tdk LAin adalah.. Di Indonesia, hanya 0,000 sekian % an4K peTani y9 mau Jadi PeTANi (termasuk Aku) dulu Tapi sekaRaNG aku BAnGGA jaDi P3Tani,, hehe,,,Mksh Banyak,, Salam,,,

  2. daokey berkata:

    harga bibit mahal……
    harga pupuk dan obat2an mahal……
    dan akhirnya harga hasil panen MURAH………

    fenomena petani dari dulu selalu sama……

    • Kapil berkata:

      MksH b9T doA_Nya,,,,,Ya giMana yA,,, hehehe,,, AwaLnyA muNGkiN kaRenA KEPEPET,,, hahhhaaa,,,SeLAnjUTnYA SebuaH keBanG9aAn biSa meMBanTu oRTU taPi . aKu haRuS teTAp haRuS beaJaR baNyaK La9i SaLaM,,, rental mobil jogja

  3. wong deso berkata:

    biaya mengelola lahan sampai musim panen tidak imabang dengan hasil yang di peroleh ” Itulah nasib petani kecil ”
    sejak aku lahir

  4. kanjeng berkata:

    itu adalah fenoma alam bagi kita yang harus tetep di hormati dan sllau positif think king ajah, pasti allah memberi rizki pada para petani.

  5. Moon berkata:

    wah..semoga sukses bro.. anarjg2 ada anak muda yang mau bertani..hmm..semoga pemerintah mau memperhatikan rakyat dengan lebih serius..

  6. aku baja petani berkata:

    sudah harga menurun, jagung banyak,kasian tu pe tani,,,,,,,kl nggak sampai tanam lagi kita gak jadi swasembada pangan kie,,,…????? ayo dukung petani indonesia.

  7. nur aini berkata:

    maaf salah tempa up det ,tu buat yang bensin langka.maaf redaktur zaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.. smilleee,britanya bagus2 q seneng.