Published On: Kam, Feb 11th, 2016

Kecamatan Palang Jadi Langganan Banjir

PALANG

SUDAH TERBIASA : Banjir di kawasan pemukiman sudah mulai menurun

SUDAH TERBIASA : Banjir di kawasan pemukiman Desa Palang sudah mulai menurun

seputartuban.com – Kecamatan Palang nampaknya menjadi langganan banjir tiap hujan lebat. 5 Desa di kecamatan timur Tuban itu terendam banjir sejak Rabu (9/2/2016) pukul 02.00 WIB hingga siang.

Banjir melanda kawasan Desa Palang, Desa Gesikharjo, Desa Pucangan, Desa Cendoro dan Desa Glodok. Dengan ketinggian air hingga 1 meter. Selain menggenangi rumah warga,juga mengganggu arus lali lintas. Karena badan jalan juga terendam, sehingga pengguna jalan ekstra hati-hati saat melintas.

Menurut salah satu warga Desa Palang, M. Muzaki (24), banjir terjadi karena luapan dari Sungai Kelero dan Sungai Seuru, yang bermuara kelaut. Namun kondisi air laut sedang pasang. Sehingga arus air tersendat hingga meluap ke pemukiman warga. “Kemarin hujan lebat, ditambah pembuangan air ke laut tersendat karena laut pasang. Maka sungai meluap hingga membanjiri pemukiman,” jelasnya, Rabu (10/2/2016).

Karena sudah terbiasa banjir, warga tidak mengungsi. Bahkan beberapa lainnya nampak dipakai kesempatan membersihkan lantai rumah dan beberapa lainya memilih bersantai. Walaupun sempat kelabakan, karena banjir terjadi saat usai tengah malam.

“Tahun lalu kami juga kebanjiran, jadi tidak kaget. Kami juga tidak khawatir apalagi harus mengungsi, cukup barang barang diamankan agar tak terendam. Cuma kami sempat kelabakan, karena banjirnya tiba-tiba datang pas tengah malam,” pungkasnya.

Diketahui, banjir yang menerjang di 5 desa itu berasal dari Daerah Kepet, Kecamatan Semanding. Selain mengenangi ratusan rumah warga, banjir juga merendam ratusan hektar sawah yang baru ditanami padi. Kerugian dari banjir bandang ini belum dikatehui secara pasti. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author