Published On: Jum, Jun 3rd, 2016

Kecamatan Bancar Jadi Zona Khusus Pengolahan Ikan Laut

TUBAN

seputartuban.com – Dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025 tertuang zonasi kecamatan dalam hal pengembangan di sektor ekonomi tiap kecamatan di kabupaten Tuban. Kecamatan Bancar menjadi zona khusus pengolahan hasil laut karena produksi ikan tangkap mendominasi tiap tahunya.

Kabag Humas dan Media Setda Kab. Tuban, Teguh Setyobudi

Kabag Humas dan Media Setda Kab. Tuban, Teguh Setyobudi

Kabag Humas dan Media Setda Tuban, Teguh Setyobudi, menjelaskan pembagian zonasinya meliputi, Zona 1 yang merupakan fokus pengembangan industri yang mengolah hasil perikanan laut. Aneka industri dan industri kecil yang masuk Zona 1 yakni kecamatan Bancar. Zona II yang meliputi Kecamatan Jenu, Kecamatan Tambakboyo, Kecamatan Kerek dan Kecamatan Merakurak difokuskan untuk kawasan industri kimia dasar, aneka industri, industri kecil dan termasuk agro industri perikanan dan peternakan.

Zona III difokuskan untuk kawasan industri pengeboran minyak, industri pertambangan, pariwisata dan agro industri pertanian dan Perikanan. Yang masuk Zona III yakni Kecamatan Palang, Kecamatan Semanding, Kecamatan Widang, Kecamatan Plumpang, Kecamatan Rengel, dan Kecamatan Kecamatan Soko. Sedangkan 9 kecamatan lainnya masuk Zona IV yang difokuskan untuk pengembangan industri kecil/rumah tangga, dan agro industri.

Kecamatan Bancar masuk zona khusus untuk mengolah hasil perikanan laut, lanjut Teguh. Dari 5 kecamatan yang bersentuhan langsung dengan perikanan laut yakni, kecamatan Tambakboyo, Kecamatan Jenu, Kecamatan Tuban, Kecamatan Palang, dan Kecamatan Bancar. Nantinya pengelolaan ikan akan diarahkan ke Kecamatan Bancar.

Alasan Kecamatan Bancar sebagai fokus pengolahan hasil laut, sebab kecamatan tersebut terdapat sarana penunjangnya yang cukup memadahi serta produksi hasil lautnya lebih besar dibanding kecamatan lain. “Pelabuhan perikanan Bulu dipandang lebih layak,” jelas Teguh, Kamis (2/6/2016).

Diketahui, data Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban mencatat, pada tahun 2013, produksi perikanan tangkap mencapai 11.570,95 ton, tahun 2014 meningkat menjadi 11.788,59 ton, dan pada tahun 2015 mencapai 12.012,70 ton. Sedangkan untuk Kecamatan Bancar, produksi perikanan tangkapnya pada tahun 2014 kisaran 3.236 ton dan tahun 2015 capai 3.602,14 ton. “Hampir 30 persen produksi ikan tangkap Kabupaten Tuban berasal dari kecamatan Bancar,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author