Published On: Kam, Sep 17th, 2015

Kebakaran Kaligede Kapolres Tuban Warning Polsek Senori

TUBAN

GURUH ARIF DARMAWAN: Segera kita panggil kapolseknya. Apakah mereka (jajaran Poksek Senori) terlibat atau tidak.

GURUH ARIF DARMAWAN: Segera kita panggil kapolseknya. Apakah mereka (jajaran Poksek Senori) terlibat atau tidak.

seputartuban.com-Kapolres Tuban AKBP Guruh Arif Darmawan menyatakan akan menyelidiki informasi adanya dugaan praktik pengolahan dan penimbunan minyak mentah dari dalam rumah di belakang gedung SDN Kaligede 2 yang menjadi sumber kebakaran.

Selasa (15/09/2015) pagi, warga setempat digegerkan ledakan hebat yang berasal dari rumah di belakang SDN Kaligede 2 hingga menyebabkan kebakaran hebat,

Dalam peristiwa itu dua rumah dan gedung SDN Kaligede 2 ludes jadi arang. Warga menduga ledakan itu berasal dari timbunan minyak dalam drum di rumah tersebut.

Dikonfirmasi terkait dugaan tersebut, Kapolres Tuban AKBP Guruh Arif Darmawan mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan mendalam untuk menemukan fakta pendukung lainnya dalam insiden kebakaran di Desa Kaligedem Kecamatan Senori.

“Kami masih melakukan pendalaman penyelidikan. Namun jika indikasi tersebut benar berarti pengawasan pihak kepolisian wilayah setempat (Polsek Senori) kurang maksimal,” tegas Guruh saat ditemui di Mapolres Tuban, Kamis (17/09/2015) pagi.

Menurut dia, jika dari hasil olah TKP yang dilakukan unit Identifikasi Polres Tuban menemukan adanya komponen minyak mentah olahan yang diindakisikan sebagai pemicu ledakan, maka pihaknya akan segera memanggil Kapolsek Senori untuk memberikan klarifikasi.

“Segera kita panggil kapolseknya. Apakah mereka (jajaran Poksek Senori) terlibat atau tidak,” kata mantan Kapolres Donggala ini.

Guruh menandaskan, sanksi berupa tidakan penertiban serta proses pidana sesuai hukum akan diberikan kepada anggota Polsek Sebori yang terbukti terlibat dalam aktivitas pengolahan minyak mentah secara manual tersebut.

Menurut kapolres, perkiraan awal penyebab terbakarnya gedung SDN II Kaligede 2 Kecamatan Senori tersebut berasal dari konsleting listrik di rumah warga yang letaknya berdekatan dengan bangunan gedung sekolah.

Sedangkan saat olah TKP Tim Identifikasi Polres Tuban di rumah yang sudah rata dengan tanah tersebut diketahui terdapat beberapa drum, yang menurut warga sekitar, merupakan tempat penampungan hasil olahan minyak mentah yang pendistribusianya dilakukan ke wilayah Surabaya dan Gresik.

Warga menyimpulkan, pemicu kebakaran selain faktor konsleting lisrik adalah timbunan minyak mentah olahan dalam drum. Percikan bunga api yang dihasilkan dari hubungan arus pendek tersebut diduga sebagai pemicu ledakan. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. wong nori berkata:

    sipp pak kapolres … bukan rahasia lg minyak olahan tiap hari keluar vdari wilayah senori…