Published On: Kam, Jan 12th, 2017

Kasus Dugaan Korupsi Jabung Ring Dyke Dilimpahkan Tipikor

seputartuban.com, TUBAN –Kasus dugaan korupsi dana pembebasan lahan Jabung Ring Dyke,  dalam pekan ini penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban akan melimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya.

Menurut Kasi Pidana Kusus (Pidsus) Kejari Tuban, Widyanto Nugroho, Rabu (11/1/2016) menegaskan berkas perkara dengan tersangka Candi, Sekdes Desa Mlangi, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban sudah siap dilimpahkan. Gelar perkara sudah dilakukan dan barang bukti sudah cukup.

Dalam kasus ini, tersangka diduga kuat dan cukup bukti  terbukti telah menerbitkan Surat Penerbitan Pajak Terhutang (SPPT) palsu atas kepemilikan tanah milik desa menjadi milik pribadi. Sedangkan kerugian negara berdasarkan hasil audit Tim Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) sebesar Rp Rp 800.924.400. “Sidangnya direncanakan bulan ini, kami masih menyusun rencana dakwaanya,” katanya.

Sejak awal bulan Januari 2016 hingga bulan Juli 2016 kasus ini ditangani dalam proses penyelidikan. Sedangkan masa penyidikan perkaranya dimulai selama 5 bulan sejak pertengahan bulan September tahun 2016.

Tersangka akan didakwa pasal 2 JO pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 30 Tahun 1999 tentang pemberantasan Korupsi dengan ancaman pidana minimal 4 tahun maksimal 20 tahun. Kini, tersangka sudah disudah ditahan dan dititipkan ke Lapas Tuban.  “Sudah kita tahan dan sudah kita titipkan di Lapas Tuban untuk menjalani proses hukumnya,” lanjut dia.

Diketahui, persoalan pembebasan lahan yang digunakan untuk pembangunan Waduk Jabung Ring Dyke tersebut di Desa Mlangi, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Hingga saat ini penyelesaian terkait ganti garap atas lahan yang sebelumnya digunakan petani tersebut belum tuntas. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author