Published On: Kam, Mar 31st, 2016

Kasdim 0811 Tuban ; Lingkunganya Hijau Buahnya Bermanfaat

RENGEL

HIJAUKAN LINGKUNGAN : Kasdim 0811 Tuban, Mayor Inf. Suko Edi Winarto saat melakukan penanaman pohon

HIJAUKAN LINGKUNGAN : Kasdim 0811 Tuban, Mayor Inf. Suko Edi Winarto saat melakukan penanaman pohon

seputartuban.com – Jajaran Kodim 0811/Tuban, Rabu (30/3/2016) melaksanakan kegiatan penghijauan di Dusun Pencol, Desa Campurejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Kawasan yang cukup jauh itu ditanami 1.500 bibit pohon nangka, srikaya dan jambu merah.

Kepala Staf Kodim 0811/Tuban (Kasdim), Mayor Inf. Suko Edi Winarto, dalam sambutanya mengatakan pentingnya penghijauan. Sehingga harus dilaksanakan secara konseptual dan menyeluruh agar krisis lingkungan dapat diatasi. Penting dan kompleknya peran tumbuhan di muka bumi ini, tumbuhan hijau mengambil CO2 dan mengeluarkan O2 yang sangat dibutuhkan makhluk hidup. Oleh karena itu, peranan tumbuhan hijau sangat diperlukan untuk menjaga kwalitas udara.

Di samping itu berbagai proses metabolisme tumbuhan hijau dapat memberikan berbagai fungsi. Untuk kebutuhan makhluk hidup yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan.

“Langkah nyata yang dipelopori aparat teritorial ini hendaknya ke depan terus disebarluaskan kepada warga masyarakat. TNI akan terus menjadi motor dan memotivasi masyarakat agar lebih peka dan peduli terhadap lingkungan alam. Yang kelak akan kita wariskan kepada anak cucu kita. Penghijauan menjadi kewajiban untuk dilakukan secara berkesinambungan oleh semua elemen masyarakat,“kata Kasdim.

Penanaman pohon ini, selain upaya penghijauan, juga memberikan pendidikan kepada masyarakat untuk menumbuhkan minat menanam yang mempunyai nilai ekonomi. “Secara ekonomi, menanam juga punya manfaat besar. Bibit yang ditanam bisa menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi sendiri tanpa harus beli. Bahkan laku untuk dijual saat panen,” imbuhnya.

Keseluruhan pohon tersebut ditanam di sepanjang jalan Desa Pencol yang mengarah ke Sungai Bengawan Solo. Beberapa lahan yang berada di sekitar bantaran. Karena Desa Pencol dan Desa Campurejo menjadi kawasan terdampak luapan banjir Bengawan Solo.

Hadir dalam acara itu, Kasdim 0811/Tuban Mayor Inf. Suko Edi Winarto, Direktur Mangrove Center Tuban, Muspika Kecamatan Rengel, anggota Polsek, Tagana dan masyarakat sekitar lokasi acara. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author