Published On: Sen, Agu 27th, 2012

Kasat Reskrim, Bekerja Perlu Keseimbangan

Share This
Tags

Penulis : Muhaimin / Pito Suwarsono

TUBAN

seputartuban.com – Kalem, tenang, namun tegas, itulah yang tergambar pada sosok AKP Arief Kristanto, SH. S.I.K, Kasat Reskrim Polres Tuban yang baru menggantikan Kasat Reskrim lama yaitu AKP Budi Santoso.

Meski baru menginjakkan kakinya di Mapolres Tuban sebagai Kasat Reskrim Polres Tuban, namun AKP Arief Kristanto tampak akrab dengan semua anggotanya di Satuan Reserse dan Kriminal Polres Tuban itu. Dirinya berjanji bersama jajaranya akan berusaha mengungkap kasus-kasus besar yang masih menjadi pekerjaan rumah dilingkungan Polres.

Meski tidak menyebutkan kapan target penyelesaian kasus-kasus besar tersebut, namun Arief berjanji sesegera mungkin kasus tersebut akan segera terungkap pelakunya, agar tidak membuat masyarakat resah dan bertanya-tanya tentang kasus tersebut.

“penginnya sesegera mungkin bisa mengungkap kasus tersebut, tapi kadang karena situasi dan informasi yang didapat anggota di lapangan sangat minim dan kejadian-kejadian itu hampir bisa dikatakan tanpa saksi,” ujar  lulusan Akpol tahun 2003 ini.

Untuk meningkatkan kwalitas dalam mengungkap kasus dilingkungan Satreskrim, Arief mengaku akan terus memantau manajerial kinerja anggota, memonitor dan memotivasi setiap ada kejadian agar bisa segera diberitakan ke jajaran. Sehingga dapat diantisipasi secepatnya, seperti kasus curanmor, penjambretan, jika cepat berkoordinasi antar Polsek ataupun dengan Polres.

Semua informasi dari TKP harus sesegera mungkin dilaporkan sehingga bisa mengambil langkah-lankah antisipasi untuk ditanggapi dan dikoordinasikan, jika ada kendala dimana, kasusnya digelar dan secepatnya dicarikan solusinya.

Mantan Kanit Idik II Satreskrim Polrestabes Surabaya ini juga mengaku jika penekanan kerja ke jajarannya adalah masalah administrasi penyidikan, karena jika penyelidikan atau penyidikan tidak didukung administrasi yang bagus akan timbul persoalan dikemudian hari.

Sebaliknya, jika administrasi bagus namun tidak didukung penyidikan yang baik, maka kinerjanya juga kurang maksimal. “Disamping koordinasi yangg baik dan cepat antara Polres dengan Polsek juga perlunya menyamakan persepsi tentang pentingnya tertib administrasi dengan pelaksanaan kegiatan,” tegasnya.

Foto : AKP Arief Kristanto, SH, S.I.K

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos