Published On: Sab, Apr 7th, 2018

Karya Kang Sahid, Garuda Terjepit Karang Dikepung Ular Bikin SBY Terpikat

seputartuban.com, TUBAN – Karya yang syarat dengan pesan luhur dan nilai nasionalisme membuat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terpikat. Sebuah ukiran kayu berbentuk burung garuda yang terjepit karang dan dikepung banyak ular karya Mujoko Sahid, tokoh kerukunan Tuban di minati Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus mantan presiden dua periode tersebut.

 

SASTRA UNTUK BANGSA : Mujoko Sahid saat membacakan puisi karyanya dihadapan SBY dan petinggi Partai Demokrat

Menurut anggota DPR RI, Didik Mukrianto yang dekat dengan tokoh inspirasi sekaligus tokoh lintas generasi tersebut, Jumat (6/4/2018) mengatakan kayu jati ukir tersebut sebagai keprihatinan dan kecintaannya Kang Sahid terhadap NKRI. Sebagai seorang seniman dia menuangkan perasaan dan buah pikirannya melalui ukiran kayu tersebut.

INSPIRASI BANGSA : Inilah karya seni Mujoko Sahid yang kini menjadi koleksi SBY

“Karya yang sangat inspiratif dan menyentuh adalah saat Beliau membuat ukiran akar kayu jati. Selama 10 tahun beliau memulai karya seni itu tanpa sebuah konsep. Diawali dengan kebanggaanya terhadap “Garuda” Indonesia di masa Pak SBY. Ternyata hasilnya diluar dugaan beliau. Karya tersebut selesai kira-kira satu tahun yang lalu di era lemerintahan Jokowi. Karya yang dimulai dengan semangat Nasionalisme dan kebanggaan, ternyata berbuah kepada Garuda yang terjepit Karang dan Ular Naga,” kata legislator yang juga Ketua Umum Karang Taruna pusat tersebut.

Didalam garuda maha karya tersebut terdapat kotak atau tempat yang tertutup dan di dalamnya terdapat Pancasila. Hal ini merefleksikan kondisi kekinian bangsa. Yang sedang terjepit dalam banyak ancaman laten. Sedangkan ular menandakan sifat buruk generasi bangsa maupun ancaman dari luar mulai mengepung bangsa ini.

INSPIRATIF : Mujoko Sahid saat ramah tamah dengan SBY

Ini sebuah karya seni sekaligus sebagai pengingat dari seluruh anak bangsa. Agar menyadari kondisi tersebut kemudian melakukan hal-hal positif dengan berlandaskan Pancasila. Agar sang Garuda lepas dari jepitan karang dan kepungan ular maupun naga.

“Isi hati dan gundah gulana tersebut, hanya satu keinginan dari Mas Murdjoko Sahid untuk ditumpahkan kepada tokoh bangsa, bapak bangsa dan negarawan sejati bapak SBY. Alhamdulillah Allah SWT menuntun dan memberi jalan, pada tanggal 5 April 2018, bertempat di Hotel di Bojonegoro, Mas Sahid diterima bapak SBY dan Ibu Yudhoyono. Dan kebanggaan dan harapan Mas Sahid diterima oleh bapak SBY, dengan diterimanya karya Beliau tersebut untuk diabadikan pak SBY,” ungkapnya.

Politisi muda Partai Demokrat yang dekat dengan keluarga Cikeas tersebut mengapresiasi pengabdian Mujoko Sahid selama ini konsisten berjuang menjakankan prinsip dan misi hidupnya.

“Tidak henti untuk menebar kebaikan, menurut saya beliau adalah sosok Kyai, Guru, Pembimbing, Inspirator dan Motivator yang sangat kuat komitmen dan keinginannya untuk terus menebar kebaikan, kemanfaatan dan kemajuan generasi muda dalam memajukan negeri ini,” pungkasnya. NAL

Facebook Comments

About the Author

Videos