Published On: Rab, Sep 9th, 2015

Kapolres Tuban Bikin Anggotanya Terampil SAR

JENU

TURUN LANGSUNG : Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Darmawan saat memberikan contoh cara mendayung yang benar kepada anggotanya

TURUN LANGSUNG : Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Darmawan saat memberikan contoh cara mendayung yang benar kepada anggotanya

seputartuban.com – 75 anggota Polres Tuban, Rabu (09/09/2015) mendapatkan kesempatan emas mendapat ilmu Search And Rescue (SAR) dari Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Darmawan. Latihan di kawasan pantai Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban tersebut berlangsung selama 4 jam.

Kecakapan ini penting untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri dalam membantu masyarakat saat dibutuhkan pertolongan. Hal ini membuat Kapolres Tuban turun tangan untuk memastikan anggotanya benar-benar terampil, seperti ilmu yang diberikanya.

27 anggota Sat Sabhara Polres Tuban mendapat pengarahan dan praktek langsung dari Kapolres. Mereka dilatih pengoperasian rubber boat, mendayung, evakuasi di air dan sejumlah kecakapan lainya.

Latihan diawali dengan pemanasan fisik lari, senam. Kemudian dilakukan praktek cara menurunkan perahu karet dari truk. Selain itu juga dilakukan praktek langsung dilaut. Mereka memadukan teori mendayung sampai pemberian aba-aba yang sudah diberikan Kapolres.

“Ini untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan SAR air untuk melakukan pencarian dan pertolongan di laut, danau, sungai dan perairan lainya,” ungkap Kapolres.

Hal yang juga penting diperhatikan dalam proses evakuasi adalah membaca arah angin hingga menolong korban. “Semua dilatihkan dengan maksud anggota mampu menolong masyarakat yang membutuhkan. Anggota selalu siaga secara fisik dan kemampuan, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan siap 100 persen,” pungkasnya. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author