Published On: Jum, Jul 22nd, 2016

Kantor BMKG Kabupaten Tuban Siap Dioperasikan

Share This

JENU

seputartuban.com – Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban dipastikan akan segera dioperasikan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berharap dapat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat terutama petani dan nelayan.

SIAP BEROPERASI : Kantor BMKG Tuban yang sudah selesai dibangun

SIAP BEROPERASI : Kantor BMKG Tuban yang sudah selesai dibangun

Kabag Humas dan Media Setda Tuban, Teguh Setyobudi, Rabu (20/7/2016), mengatakan operasional kantor BMKG t di Desa Kaliuntu, Kecamatan Jenu tersebut mampu memantau dan memetakan secara detail iklim, cuaca dan kondisi alam di Tuban.

Maka dengan adanya kantor BMKG tersebut, jelas Teguh akan sangat membantu pertanian dan perikanan, mengingat kedua sektor ini tidak dapat terlepas dari kondisi cuaca. “Informasi dan pemetaan yang lebih detail dan cepat (terkait cuaca di kabupaten Tuban) akan membawa manfaat yang besar bagi pertanian dan perikanan di Kabupaten Tuban. Sebab hasil pertanian dan tangkapan ikan, otomatis akan lebih mudah dikendalikan,” jelasnya.

Selain membantu sektor tersebut, kantor BMKG  juga diharapkan bisa meminimalisir bencana daerah. “Pemetaan yang lebih detail dari BMKG (terkait kondisi alam), juga diharapkan membantu kita untuk lebih tanggap dan cepat dalam menghadapi bencana daerah,” lanjutnya.

Hanya saja Pemkab masih menunggu informasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim soal mekanisme pengoperasian kantor BMKG baru tersebut. Dia mengaku pihaknya belum mengetahui informasi lebih detail soal kantor BMKG itu kedepannya.

Sehingga dalam waktu dekat Pemkab akan berkoordinasi dengan Pemprov Jatim. Sejauh mana keterlibatan pemkab dengan adanya kantor BMKG itu, termasuk bagaimana mekanisme dan teknis operasinya. “Akan berkoordinasi lebih lanjut bersama Pemprov Jatim,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author