Published On: Rab, Sep 2nd, 2015

Kampanye Sudah Jalan APK Paslon Masih Nyantol

TUBAN

grafis: seputartuban.com

     grafis: seputartuban.com

seputartuban.com-KPU Kabupaten Tuban selaku penyelenggara pilkada dianggap lamban kinerjanya. Terbukti, meski saat ini sudah masuk dalam tahapan kampanye namun KPU Tuban sama sekali masih belum memasang alat peraga kampanye (APK) pasangan calon (paslon).

Padahal, berdasar jadwal tahapan Pilkada Tuban 2015 kampanye dimulai tanggal 27 Agustus hingga 5 Desember mendatang.

Tapi, Ketua KPU Kabupaten Tuban Kasmuri menyangkal jika dianggap kinerja lembaga yang dipimpinnya lemot.

Kasmuri berdalih, belum dipasangnya APK kontestan pilakda tersebut karena hingga saat ini masih dalam proses pencetakan. Apalagi proses pencetakan APK itu sendiri harus melalui lelang sehingga harus melalui prosedur tersebut.

“Minggu depan kemungkinan untuk APK sudah jadi dan akan segera kita pasang,” kata Kasmuri, Rabu (02/09/2015) siang.

Namun demikian, menurut Kasmuri, KPU Tuban telah menyusun zona pemasangan APK. Sesuai dengan peraturan KPU nomor 7 tahun 2015 tentang kampanye, sudah ditetapkan jenis-jenis APK dan cara pemasangannya.

“Kita sudah ada kesepakatan dengan tim sukses kedua paslon terkait zona untuk APK. Tinggal menunggu proses cetaknya saja” ujar dia.

Kasmuri mengimbuhkan, jenis APK yang saat ini sedang dicetak oleh KPU di antaranya baliho yang masing-masing paslon sebanyak lima lembar, umbul-umbul setiap kecamatan 20 lembar dan spanduk untuk masingmasing desa dua lembar.

Untuk pengadaan APK dan pelaksanaan kampanye yang menjadi tanggung jawab KPU dianggarkan Rp 2,7 miliar. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author