Published On: Sab, Mei 21st, 2016

Kambang Putih Park Sumbang PAD Rp. 650 Juta Lebih

JENU

seputartuban.com – Kawasan terminal wisata Kambang Putih, di Desa Sugihan, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, dikerjasamakan dengan PT Cahaya Ananta dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Atas pengelolaan itu, Pemkab Tuban lebih untuk dibanding kondisi sebelumnya yang dibiarkan apa adanya.

Proosi Kambang Putih Park yang sudah mulai dilakukan

Proosi Kambang Putih Park yang sudah mulai dilakukan

Kabag Humas dan Media Setda Kabupaten Tuban, Teguh Setyobudi, menyampaikan Terminal Wisata Tuban (TWT) yang akan ditambahi fasilitas menjadi Kambang Putih Park itu telah dikerjasamakan. Pemkab Tuban akan memperoleh Rp. 650 juta selama 5 tahun atau Rp. 130 juta tiap tahun. “Setiap tahunnya investor membayar sewa tanahnya sebesar 130 Juta,” kata Teguh, Jumat (20/5/2016).

Dari luas lokasi wisata yang disewakan 5 hektar itu, Pemkab Tuban juga akan mendapatkan pendapatan dari retribusi pengunjung dan parkir sebesar 30 persen dari tarif yang diberlakukan. “Terkait besaran karcis masuknya ada pembahasan tersendiri,” lanjutnya.

Teguh mengakui untuk mengembangkan TWT ini memerlukan anggaran yang cukup besar. Sehingga dengan kerjasama pihak ketiga tersebut, diharapkan destinasi wisata yang dianggap mati suri itu dapat berkembang dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tuban. “Selama ini kita terkendala anggaran sehingga sulit untuk berkembang,” ungkapnya.

Kedepan, investor yang juga pengelola Juwana Water Fantasy (JWF) itu akan menambah fasilitas bioskop tiga dimensi (3D), pertunjukkan live musik pada hari tertentu, water boom, sepeda air, bom-bom car dan wahana permainan air lainnya.

Pemkab Tuban belum bisa menyampaikan target PAD dalam setahun. Namun jelas dengan kerjasama ini lebih baik dari PAD sebelumnya. Karena tiap tahun PAD selalu mengalami penurunan dari pengelolaan TWT itu. Yakni mulai dari Rp. 30 juta per-tahun mengalami penurunan menjadi Rp. 20 juta dan terakhir tahun 2015 hanya sumbang PAD Rp. 15 juta. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos