Published On: Jum, Feb 17th, 2017

Kali Kening Meluap, Rendam Tiga Desa

seputartuban.com, PARENGAN – Akibat tingginya curah hujan menyebabkan Kali Kening meluap sejak Kamis (16/2/2017) dini hari. Setidaknya air merendam hingga ke 3 desa, meski hanya sebagian.

LANGGANAN : Kondisi banjir luapan Kali Kening merendam rumah warga


Salah satunya di Dusun Kluncing, Desa Sugiharjo, Kecamatan Parengan.  Sejak pagi, masyarakat mulai mengungsikan hewan ternak dan barang berharga lainya. Khususnya bagi warga yang rumahnya berdekatan dengan sungai. “Mengungsikan ternak ke tempat lembih tinggi,” kata Agus Prianto (32), warga setempat.

Sekitar 7 rumah warga terendam air setinggi 30 cm sampai 40 cm yang jaraknya sekitar 500 meter dari bibir sungai terendam sejak pukul 02.00 WIB. Selain itu juga tanaman jagung seluas 7 hektar dan jalan lingkungan sepanjang 700 meter turut terendam. “Kami sudah mengabarkan ke pihak kecamatan, harapannya ada penanganan,” kata Kepala Dusun Kluncing, Nyono.

Kali Kening juga merendam kawasan Desa Selogabus. Di Dusun Pulo dan Dusun Juwet sebanyak 8 rumah terendam. Serta jalan lingkungan dengan panjang 250 Meter dengan ketinggian 20 Cm hingga 40 Cm. Juga 5 hektar tanaman padi  yang baru saja ditanam turut terendam.

Sedangkan di Desa Margorejo, luapan sungai mengakibatkan 48 rumah warga di Dusun Krajan dan Dusun Kentong terandam air 1 Meter, merendam 15 hektar lahan pertanian. Sserta nyaris merendam seluruh jalan lingkungan yang menghubungkan kedua dusun tersebut. Panjang seluruhnya mencapai 1.350 meter. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author