Published On: Kam, Apr 12th, 2012

Kakek 70 Tahun Peminum BBM, Mulai Minyak Tanah Hingga Solar

Share This
Tags

Penulis : Pito Suwarsono

MERAKURAK

seputartuban.com – Seorang kakek berusia 70 tahun, warga Desa Borehbangle, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, mempunyai kebiasaan yang aneh.

Pria tua ini gemar meminum minyak tanah, bensin, dan solar, untuk menjaga kesehatannya. Diakuinya rasa minyak tanah, bensin ataupun solar, cukup segar untuk diminum usai bekerja seharian di ladang.

Mbah Ganti (70), demikian kakek berusia 70 tahun ini biasa disapa. Kakek warga Desa Borehbangle, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban ini mempunyai kebiasan sejak kecil yang aneh. Mbah Ganti, bapak yang memiliki anak tujuh ini, gemar meminum minyak tanah, bensin atau solar.

Kebiasaannya ini cukup unik bagi warga sekitar, pasalnya hingga kini kebiasaannya itu dipercaya mampu menjaga kondisi tubuhnya. Karena kebiasaanya ini, Mbah Ganti masih tampak trengginas meski usianya telah renta.

Kakek tiga cucu ini, bekerja sebagai buruh tani di desanya. Diakuinya, meminum minyak tanah, bensin, atau solar merupakan kebiasaannya untuk menjaga kondisi tubuhnya. Usai seharian bekerja di ladang, Mbah Ganti langsung meminum seteguk hingga tiga teguk minyak tanah, untuk menghilangkan rasa capek dan lelah.

Mbah Ganti mengaku rasa minyak tanah, bensin, atau solar ini cukup menyegarkan, saat kondisi tubuhnya lelah. Bahkan jika dibandingkan minyak tanah dan solar, bensin lebih menyegarkan.

“rasanya seger, ini juga baik bagi kesehatan tubuh saya,” ujarnya dengan berbahasa Jawa.

Mbah Ganti didepan rumahnya

Menurut sejumlah tetangganya, Mbah Ganti sejak kecil terbiasa meminum minyak tanah, bahkan untuk ukuran orang seusianya, kondisi kesehatan dan staminanya masih dibilang cukup kuat untuk melakukan pekerjaan yang berat.

Kebiasaanya ini berawal saat Mbah Ganti masih bocah. Saat itu Mbah Ganti secara tak sengaja menumpahkan botol yang berisi minyak tanah, dan secara reflek langsung meminumnya karena dikiranya minuman biasa. Sejak saat itu Mbah Ganti punya kebiasaan aneh yaitu meminum minyak tanah dan sejenisnya setiap hari.

Meski mengkonsumsi setiap hari, namun Mbah Ganti mengaku tetap sehat dan tak pernah mengalami sakit. Jika badan terasa lelah, Mbah Ganti tinggal menenggak minyak tanah hingga membuat badannya kembali segar.

Meski dari fisiknya terlihat sehat hingga diusianya tujuh puluh tahun ini, namun menurut Dokter Bambang Lukmantono, perilaku Mbah Ganti yang aneh ini, merupakan penyimpangan perilaku yang sejak kecil menjadi kebiasaan dirinya.

Bambang Lukmantono mengatakan, meminum minyak tanah atau sejenisnya, bisa mengakibatkan gangguan pencernaan, terutama fungsi ginjal dan hati.

Jika melihat kondisi fisik Mbah Ganti yang masih sehat dan tak pernah mengalami sakit, itu karena tubuh mbah ganti sejauh ini masih bisa mentolerir minyak tanah yang masuk ke dalam tubuhnya.

Namun jika minyak tanah dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa berakibat fatal hingga bisa berujung kematian, karena fungsi organ dalam tubuh manusia bisa terkena racun yang terkandung didalam minyak tanah.

“itu sebenarnya perilaku menyimpang sejak kecil, efeknya gangguan pencernaan dan bisa fatal,” kata Dokter yang beralamat di Jalan Veteran Tuban ini.

Facebook Comments

About the Author

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. Sambel tumis berkata:

    hahahaha ada ada aja kakek satu ini, emang udah gak doyan air putih yaaaa

  2. yakup prayogi berkata:

    untungnya di Tuban banyak sumur minyak,jadi Mbah Ganti gak perlu khawatir kehabisan stok minyak tanah. Memang sesuatu yang terkadang bagi seseorang merupakan mustahil tetapi “pasti” bagi orang lain.Kula nderek ndongakaken mugi-mugi mhah Ganti tansah pinaringan kesarasan ugi panjang umur.