Published On: Rab, Jun 22nd, 2016

Kades Rahayu, Maksimalkan Dana Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat

SOKO

seputartuban.com – Pemerintah Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban memaksimalkan penggunaan Dana Desa (DD) untuk menyejahterakan masyarakat. Melalui sejumlah program yang telah disepakati bersama dengan masyarakat.

Kades Rahayu, Sukisno di ruang kerjanya

Kades Rahayu, Sukisno di ruang kerjanya

Kepala Desa Rahayu, Sukisno mengatakan bahwa penggunaan DD akan dikonsentrasikanya pada pembangunan sarana Infrastruktur hingga suprastruktur. “Sesuai dengan program APBDes yang sudah kami ajukan, penggunaan dana akan diprioritaskana pada beberapa sarana pembangunan fisik hingga pembangunan non fisik.   Sebagian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang ekonomi, kesehatan dan pendidikan,” katanyaSenin (20/6/2016).

Pada pembangunan fisik meliputi pembangunan saluran drainase diwilayah Dusun Sarirejo dengan panjang pengerjaan mencapai 127 meter. Dengan lebar pengerjaan 45 cm dengan kedalaman hingga setengah meter.

Hal itu menjadi prioritas karena masyarakat setempat kerap rumahnya tergenang air saat curah hujan tinggi. Sehingga pembangunan dan pengerjaan saluran tersebut sangat dibutuhkan masyarakat.

Beberapa pengerjaan lainya ialah perawatan dan perbaikan jalan desa. Hal itu dilakukan mengingat saat ini pada beberapa ruas jalan desa tersebut sudah mulai rusak. Sehingga jika tidak segera diperbaiki dikhawatirkan akan mencelakakan warga, terutama pada malam hari.

Pada sektor perekonomian, Pemdes akan memberikan pelatihan anyaman bambu kepada para Ibu Rumah tangga untuk diolah menjadi berbagai produk kerajinan tangan. Berikut mengupayakan untuk menyediakan pangsa pasar sebagai peta pemasaranya. Diharapkan kaum perempuan dapat membantu perekonomian keluarga, sehingga tidak hanya mengandalkan pendapatan suaminya.  “Harapanya dapat membantu peningkatan perekonomian warga,” lanjutnya.

Selain itu, pada sektor kesehatan pihaknya akan bekerjasama melibatkan pihak Puskesdes untuk melakukan pengadaan obat-obatan penunjang kesehatan yang akan diberikan secara gratis kepada masyarakat. Serta memberikan makanan tambahan gizi baik bagi Lansia maupun balita. Serta memberikan bantuan berupa 10 unit bangunan MCK yang kepada masyarakat Miskin.

Sedangkan sektor pendidikan, Pemdes akan melibatkan pemuda setempat untuk diikut sertakan dalam pelatihan pengelolaan air bersih dan pelatihan pengolahan dan pengelolaan pupuk kompos. Serta akan menyediakan sarana usahanya sebagai kegiatan perdana mengenal dunia perekonomian.

”Sebagai sarana usaha awal mereka mengenal dunia wiraswasta, kegiatan ini adalah tindak lanjut dari mesa pelatihan yang sudah kami laksanakan ditahun kemarin,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author