Published On: Ming, Mar 25th, 2012

Kabel Listrik Putus Pantura Macet

Share This
Tags

Penulis : Pito Suwarsono

TUBAN

Kabel listrik putus mengakibatkan jalur pantura macet

seputartuban.com – Akibat kabel yang melintang di Jalan Wahidin Sudiro Husodo, atau tepat disamping Kodim 0811 Tuban putus pada minggu (25/3/2012) dinihari, Jalur Pantura Tuban – Semarang dari arah Surabaya macet total. Puluhan kendaraan besar terutama truk-truk gandeng terjebak dalam kemacetan akibat kabel listrik putus tersebut.

Sejumlah kendaraan yang tidak mau terjebak lama dalam kemacetan tersebut, memilih berbalik arah dan melewati jalan yang lain. Bahkan untuk menghindari resiko jatuhnya korban, karena kabel listrik yang diduga masih teraliri listrik tersebut masih melintang di tengah jalan, Polisi Lalu Lintas dari Polres Tuban langsung mengalihkan arus lalu-lintas dari arah Surabaya berbelok di Jalan Sambong, kemudian masuk ke Jalur tengah kota yaitu Jalan Basuki Rahmat.

“untuk kendaraan dari arah Surabaya dialihkan saja agar tidak terjadi kemacetan,” teriak Kasat Lantas Polres Tuban AKP Sugeng Setya Trisna saat memerintahkan anggotanya, yang datang ke lokasi kejadian sesaat setelah kabel listrik terputus.

Kejadian berawal saat kabel listrik tersebut terjadi percikan beberapa kali, setelah terjadi hujan pada sabtu (24/3/2012) malam. Dan tepat pada pukul 01.00 WIB dini hari, kabel tersebut langsung putus. Diduga percikan api tersebut terjadi akibat kosleting.

“setelah hujan sempat terjadi percikan beberapa kali mas,” tutur Eko yang saat kejadian sedang duduk di warung di pinggir jalan tersebut.

Dua unit kendaraan dari PLN Tuban yang datang ke lokasi kejadian setengah jam kemudian, langsung mengevakuasi kabel listrik, yang melintang di tengah jalan. Kabel di atas tiang listrik langsung diputus, untuk menghindari aliran listrik di kabel tersebut. Setelah kabel listrik dievakuasi ke pinggir jalan, arus lalu lintas di Jalur Pantura ini kembali normal.

Selain mengakibatkan Jalur Pantura macet, putusnya aliran listrik juga mengakibatkan lampu penerangan di sejumlah ruangan di Makodim 0811 Tuban, padam.

Facebook Comments

About the Author