Published On: Kam, Mei 19th, 2016

Kabar Petugas SE Gadungan Menyebar

TUBAN

seputartuban.com – Seluruh petugas Sensus Ekonomi (SE) 2016 diterjunkan bulan ini untuk menjalankan tugasnya. Belakangan mulai berkembang di masyarakat kabar adanya petugas SE gadungan. Meski belum terbukti kebenaranya, masyarakat diminta tetap waspada, karena pelaku memanfaatkan kesempatan untuk meminta uang kepada masyarakat yang tidak mengetahui program SE.

Kepala BPS Tuban, Prayogo

Kepala BPS Tuban, Prayogo

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Tuban, Prayogo Setyo Widodo, membenarkan atas rumor petugas SE gadungan yang menyebar dimasyarakat, namun pihaknya selalu waspada. “Kami selalu waspada dengan adanya isu petugas SE gadungan tersebut,” katanya, Kamis (19/5/2016).

Di beberapa daerah diluar Kabupaten Tuban telah terjadi kasus penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan sebagai petugas SE 2016. Atas kejadian itu, masyarakat dihimbau agar berhati-hati dalam menerima petugas SE. Jangan sampai ada oknum yang mengaku-ngaku petugas SE.

“Selain itu, kami juga mengintruksikan kepada semua petugas SE untuk selalu membawa surat tugas. Serta wajib lapor baik ke pihak RT ataupun desa sebelum dan sesudah melakukan sensus,” tegasnya.

Dia menjelaskan setiap petugas sensus dipastikan untuk menunjukan surat tugas dengan stempel asli dari BPS, sebelum melakukan pendataan. Sehingga masyarakat bisa tahu, itu petugas SE asli atau bukan. “Masyarakat juga tidak perlu khawatir dengan petugas SE gadungan, karena sangat mudah mengidentifikasi. Ketika memenuhi persyaratan melakukan penyensusan, nah itu petugas SE asli,” jelas Prayogo.

Pihaknya juga menerima pengaduan ataupun laporan terkait petugas SE yang bertugas. “Jika warga menemukan hal atau sikap mencurigakan atau merugikan dari petugas SE, harap segera melapor pada kami untuk kami tindak lanjuti,” imbaunya.

Atas berkembangnya isu petugas SE gadungan, beberapa petugas SE asli mengaku kesulitan dan tidak nyamanan untuk melakukan penyensusan kepada warga. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos