Published On: Jum, Jun 26th, 2015

Jumlah Pemilih Pilkada Tuban Merosot

TUBAN

KASMURI : Saat ini kita tengah pelajari dan menganalisa faktor menurunnya jumlah pemilih dalam pilkada serentak ini.

KASMURI : Saat ini kita tengah pelajari dan menganalisa faktor menurunnya jumlah pemilih dalam pilkada serentak ini.

seputartuban.com – Angka partisipasi pemegang hak pilih dalam Pilkada Tuban 2015 secara statistik dipastikan menurun jika dibanding jumlah pemilih dalam pemilu legislatif (pileg) 2014 lalu.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri, mengatakan sesuai data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang diterima dari KPU pusat ada sebanyak 916.968 pemilih. Rinciannya  laki-laki sejumlah 455.857 pemilih dan perempuan 461.111 pemilih.

“Jumlah pemilih dalam pilkada kali ini terjadi penurunan dibandingkan DPT pileg kemarin,” terang Kasmuri, Jumat (26/06/2015) sore.

Hanya saja, sambung dia, hingga sejauh ini KPU Tuban masih belum mengetahui faktor yang menjadi penyebab menurunnya jumlah pemilih tersebut.

“Saat ini kita tengah pelajari dan menganalisa faktor menurunnya jumlah pemilih dalam pilkada serentak ini,” ungkap Kasmuri.

Dikatakan, sesuai daftar pemilih tetap (DPT) pileg 2014 lalu ada sebanyak 922.858 pemilih, yang terdiri dari laki-laki 454.801 pemilih serta perempuan ada 468.057 pemilih.

Kasmuri mengimbuhkan, pasca menerima DP4 tersebut pihaknya akan melakukan penyusunan daftar pemilih sebelum  disampaikan ke PPS untuk dilakukan pemutakhiran. Tidak menutup kemungkinan dari DP4 itu masih akan mengalami pengurangan.

“Sebab tidak menutup kemungkinan pemilih yang meninggal dunia setelah diterbitkannya DP4 itu masih terdaftar,” katanya.

Ditegaskan, setelah dilakukan pemutakhiran dan ditetapkan dalam daftar pemilih sementara (DPS) maka baru dapat diketahui pemilih yang belum terdaftar. Yang belum terdaftar itu, nantinya akan dimasukkan dalam daftar pemilih perbaikan.

“Kita harapkan peran aktif dari masyarakat, bila belum terdaftar harap segera melaporkan ke PPS,” tandas dia. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author