Published On: Sab, Mar 1st, 2014

Jumlah Anak Jalanan Meningkat

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Keberadaan Anak Jalanan (Anjal) di Kabupaten Tuban masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. Bahkan dibanding tahun sebelumnya, pada awal 2014 ini jumlah Anjal mengalami peningkatan. Mereka biasanya disejumlah tempat umum yang ramai masyarakat atau dikawasan pusat perbelanjaan.

Nurjanah

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Nurjanah

Berdasarkan data dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, pada tahun 2013 lalu jumlah Anjal yang data sebanyak 288 orang. Sedangkan pada awal tahun 2014 ini meningkat menjadi 312 orang.

Kepala Dinsosnaker Pemkab Tuban, Nurjanah, saat dikonfirmasi di kantornya, Kamis (27/2/2104) mengatakan bahwa keberadaan Anjal ini dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya karena kurangnya perhatian orang tua, putus sekolah hingga pergaulan kurang baik.

Tentang penertiban Anjal, Dinsosnaker tidak memiliki kewenangan. Karena menjadi tanggung jawab Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Pemkab Tuban.Setelah dilakukan pendataan, Dinsosnaker akan memberikan pembinaan agar mereka memiliki ketrampilan bekerja. “Kalau dijalan ada Anjal itu kan sudah ada Satpol yang menertibkan. Meningkat itu banyak faktor, yang jelas karena perhatian keluarga kurang,” ungkap Nurjanah. (han)

Facebook Comments

About the Author