Published On: Sen, Mar 21st, 2016

Jumat Hari Tidur Sedunia

TUBAN

 

ilustrasi/sehatfresh

ilustrasi/sehatfresh

seputartuban.com – Mungkin sebagian pembaca belum mengetahui Hari Tidur Sedunia. “Apa, Hari Tidur Sedunia?” mungkin itu spontanitas ketika mendengar kata tersebut. Jumat (18/3/2016) merupakan Hari Tidur Sedunia.

Dalam rangka menciptakan kesadaran dan untuk mengkampanyekan pentingnya tidur yang baik dan sehat, World Association of Sleep Medicine (WASM) telah memperingati Hari Tidur Sedunia sejak tahun 2008.

Hari Tidur Sedunia yang diadakan setiap tahun, pada hari Jumat minggu ketiga pada bulan Maret. Hari Tidur Sedunia juga ditujukan untuk mempromosikan pencegahan gangguan tidur dan kekurangan tidur.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Endah Nurul K, mengatakan tidur merupakan faktor pokok pendukung kesehatan tubuh. Karena membutuhkan istirahat setelah melakukan berbagai aktivitas.

Manfaat tidur berimbas pada kehidupan sehari-hari. Tidur dengan cukup merupakan suatu hal yang penting dalam menerapkan gaya hidup sehat dan bisa bermanfaat kesehatan Khususnya untuk jantung, usia, memperbaiki daya ingat dan kesehatan pikiran. “Tidur dengan cukup membuat kesehatan terjaga dengan baik mengembalikan mood dan menghindarkan diri dari berbagai masalah kesehatan,” katanya.

Endah mengungkapkansebagian besar masyarakat memiliki gangguan tidur atau kurang tidur. Tetapi sering diabaikan tanpa mempertimbangkan dampaknya terhadap kesehatan. Seperti, insomnia, sindrom kejut-kejut (tungkai kaki atau tubuh lain yang kejut-kejut sewaktu tidur), gangguan pernapasan saat tidur. Hal itu menyebabkan kualitas tidur menurun.

Dampak buruk gangguan tidur menyebabkan gangguan psikis, kehilangan daya ingat, depresi, penuaan dini, diabetes, penyakit arthritis, penyakit jantung, hipertensi dan bahkan stroke.

Menurutnya tidur yang baik minimal 8 jam dan maksimal 11 jam dalam sehari semalam serta tidur siang maksimal 2 jam. “Jadi, sudah saatnya kita tidak boleh meremehkan tidur. Namun terlalu lama waktu tidur juga menyebabkan tubuh kurang bugar dan tekanan darah rendah,” harap Endah.

Kurang tidur memiliki banyak sekali penyebabnya seperti kebiasaan begadang yang mengakibatkan insomnia, jam kerja, dan gangguan psikis karena banyak tuntutan. Endah memberikan beberapa tips tidur yang sehat dan baik bagi kesehatan.

“Biasakan tidur mulai jam 10 malam, jangan makan sebelum tidur (jarak 2 jam dari makan malam), kurangi kafein dan rokok, hindari minuman beralkohol, serta perbanyak minum susu,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author