Published On: Rab, Nov 16th, 2016

Jukir Nakal Akan Diproses Hukum

TUBAN

seputartuban.com – Hingga saat ini, masyarakat masih saja diresahkan adanya juru parkir (Jukir) nakal dan liar. Masih sering dikeluhkan jukir memungut retribusi tanpa dengan karcis, bahkan ada jukir yang foto copysendiri karcis resmi serta menarik lebih dari tarif yang seharusnya.

Kepala Dishub Pemkab Tuban, A. Paraith

Kepala Dishub Pemkab Tuban, A. Paraith

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban, A Paraith, mengakui saat ini memang masih banyak ditemukan pelanggaraan terkait parkir di lapangan. Dia menyampaikan pihaknya juga terus melakukan pembinaan tiap bulannya ke para jukir. Dengan tujuan untuk memberikan peringatan sekaligus pembinaan agar tidak melakukan pelanggaran terhadap peraturan. “Kemarin pada hari Rabu (9/11/2016), kita sudah mengumpulkan dan memberi pembinaan ke para Jukir yang ada di Tuban,” katanya.

Beberapa hal yang wajib dihindari oleh para Jukir yakni melipat gandakan tarif parkir, menggandakan karcis resmi dari pemkab, tidak mengenakan seragam saat bertugas dilapangan. “Jika diketahui melakukan pelanggaran akan diproses hukum,” tegasnya.

Serta mengikuti peraturan peraturan yang berlaku diantaranya Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ). Perda Tuban Nomor 16 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum dan Perda Tuban Nomor 11 Tahun 2011 tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir (RTKP).

Sementara itu, saat momen Haul Sunan Bonang hingga Hari Jadi Tuban banyak ditemukan parkir menjamur. Selain itu masyarakat banyak diresahkan dengan tingginya biaya parkir kendaraan, khususnya saat haul Sunan Bonang. Menanggapi hal itu, dia berdalih untuk parkir disekitar kawasan wisata religi itu menjadi tanggung jawab panitia kegiatan.  “Jika masyarakat menemukan sesuatu yang ganjil langsung laporkan ke panitia kegiatan,” kantanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan untuk membuka tempat parkir harus memiliki izin dari panitia penyelenggara suatu kegiatan. Termasuk harus ada lahan khusus yang dipakai dan bukanlah fasilitas umum, apalagi di ruas jalan raya. Namun meski kenyataanya banyak pelanggaran diantaranya parkir di bahu jalan dan fasilitas umum, aktifitas Jukir tetap saja aman dan menjadi rutinitas saat Haul Sunan Bonang. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author