Published On: Ming, Des 22nd, 2019

Jokowi ; Bisnis Petrokimia Akan Hemat Negara Rp. 56 Triliun

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

seputartuban.com, TUBAN – Presiden Joko Widodo ( Jokowi) melaksanakan kunjungan kerja ke PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kabupaten Tuban Jawa Timur, Sabtu ( 21/12/2019).

KUNKER TPPI : Presiden RI, Joko Widodo didampingi pejabat lainnya saat menyampaikan pernyataan pers dalam rangkaian kunjungan ke PT TPPI

Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Badan Usahan Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir, Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama  dan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati beserta Gubernur Jawa Timur.

Nicke Widyawati menyatakan peluang pasar bisnis Petrokimia di Indonesia sekitar Rp 40 triliun sampai Rp. 50 triliun per-tahun. Selain itu, bisnis petrokimia mempunyai keuntungan lebih tinggi dibanding bisnis bahan bakar minyak (BBM).  “Pembangunan komplek industri Petrokimia akan lebih menjamin keberlanjutan bisnis perseroan, karena sesuai dengan tren  bisnis masa depan,” ujar Nicke.

Pembangunan industri Petrokimia, lanjut Nicke, juga  akan lebih efisien karena  dintegrasikan dengan kilang. Sehingga produk samping petrokimia dapat dimanfaatkan kembali oleh kilang baik untuk bahan bakar kilang itu sendiri maupun dapat menjadi produk BBM.

“Infrastruktur penunjang dan fasilitas dapat juga dimanfaatkan secara bersama-sama dengan menurunkan biaya energi hingga 10% dan biaya personel turun 10%. Sehingga biaya operasional turun sampai 15%,” imbuh Nicke.

Sementara itu,  Presiden Joko widodo menjelaskan Kilang TPPI merupakan salah satu kilang terbesar di Indonesia yang menghasilkan banyak produk Petrokimia dan BBM. Produk tersebut diantaranya seperti premium, Pertamax, LPG dan yang lainnya.

“Saya  targetkan seluruh pengerjaan harus rampung dalam kurun waktu 3 tahun. Saat ini, saham PT. TPPI sebanyak 98 persen telah dimiliki negara. Dan Sisanya 2 persen harus dituntaskan di Januari 2020,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Jokowi berharap jika nantinya sudah dapat berproduksi maksimal, mampu menghemat devisa negara sebesar Rp. 56 triliun. Serta menghentikan ketergantungan Indonesia terhadap impor BBM. “Dengan demikian, account devisit/neraca devisit akan jauh lebih baik. Salah satu kuncinya ada di Petrokimia,dan  langkah ini masuk dalam agenda besar negara yang bisa menyelesaikan persoalan yang ada selama ini,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Data Update Coid-19 Indonesia Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :