Published On: Rab, Nov 14th, 2012

JOB PPEJ Akan Ngebor Minyak Di Merakurak

Share This
Tags

Penulis : Muhaimin

MERAKURAK

seputartuban.com – Warga Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban harus siap-siap wilayahnya jadi pengeboran minyak. Kabarnya pihak Joint Operation Body Pertamina – Petrochina East Java (JOB PPEJ) sudah mengajukan ijin pengeboran kepada Pemkab Tuban.

Camat Merakurak, Sugeng Winarko saat dikonfirmasi, Rabu (14/11/2012) mengatakan dirinya tidak tahu detail rencana pengeboran ini. Namun dipastikan bahwa lahan yang akan digunakan seluas 4 hektar dan akan dieksploitasi menjadi sumur sumber. “Ijin sampai sekarang belum turun. Sosialisasi tingkat kecamatan dan desa sampai sekarang belum,” ungkapnya.

Disoal keberadaan penyusunan dokumen Analisa Dampak Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), Sugeng tidak dapat berkomentar banyak. Karena hingga saat ini belum banyak masyarakat yang mengetahui rencana pengeboran ini.

“Kalau kadesnya sudah diundang ke Tuban dan saya waktu itu diwakili Sekcam. Memang tokoh masyarakat belum diajak sosialisasi. Karena pengeboran itu spekulasi, kalau ada minyaknya dilanjut, kalau tidak berhenti,” jelasnya.

Rencana pengeboran ini seharusnya disosialisasikan kepada warga sekitar. Karena dampak pengeboran, yang paling merasakan adalah masyarakat sekitarnya. Termasuk proses penyusunan dokumen Amdal harus melibatkan warga sekitar.

Foto : Ilustrasi aktivitas perminyakan/mobil.sportku.com

Facebook Comments

About the Author