Published On: Sab, Mei 6th, 2017

Jika Tahu Pegawai Nakal, Laporkan Saja Melalui Aplikasi Ini

Share This
Tags

seputartuban.com, TUBAN – Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengajak seluruh warga untuk memantau dan melaporkan secara langsung jika mengetahui kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kurang maksimal. Pelaporannya dapat dilakukan melalui ponsel pintar setelah mengunduh aplikasi secara gratis di Play Store.

Bagi masyarakat, mereka dapat melakukan pengaduan dalam bentuk laporan, kritikan, saran serta usulan hingga proses tindak lanjut yang diambil. Sekaligus melalui sarana itu dapat pula digunakan sebagai sarana mengakomodasi keterbukaan informasi publik dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Pejabat dituntut mampu melayani kebutuhan masyarakat dengan baik. “Untuk itu, setiap pengaduan yang datang harus segera ditindaklanjuti. Saya sudah menekankan kepada seluruh OPD untuk melaporkan semua kegiatan yang dilaksanakan,” terang Bupati Tuban, Fathul Huda usai melantik petugas yang didaulat mengoprasikan Aplikasi Taprose (Tuban Public Report Sarvice) Kamis (4/5/2017) siang.

Melalui Aplikasi berbasis Android tersebut, Bupati berharap layanan itu dapat digunakan sebagai sarana yang cepat dalam menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat. Hal itu terjadi karena dari aplikasi yang sudah diunduh tersebut dapat menghubungkan masing-masing individu (yang ponselya sudah ter-instal aplikasi) terhubung dengan seluruh dinas yang ada di Kabupaten Tuban.

Sedangkan bagi pimpinan sebagai sarana memantau, pengendalian serta evaluasi atas pelaksanaan program kegiatan masing-masing dinas dapat dilakukan secara langsung. Yakni dengan melihat bilamana program kegiatan yang diusulkan belum dilaksanakan.

Kemudahan layanan yang diberikan untuk masyarakat itu sebagai upaya peningkatan tata kelola penyelenggaraan pemerintah yang kreatif dan bersih. “Peran masyarakat sangat kami butuhkan untuk bersama-sama melakukan pencegahan dan penindakan demi Kabupaten Tuban yang lebih baik. Kami berkewajiban merahasiakan identitas pelapor,” imbuh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tuban, Hery Presetyo terpisah.

Harapan dibuatnya  Aplikasi Taprose tersebut adalah untuk kemudahan bagi masyarakat melakukan pengaduan secara langsung dan tepat sasaran. Juga proses tindak lanjut dari OPD lebih cepat dilakukan, publikasi kegiatan OPD kepada masyarakat lebih cepat dan evisien. Serta pengelolaan laporan kegiatan dari OPD kepada Bupati berikut pantauanya dapat diketahui oleh masyarakat. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author