Published On: Kam, Mar 7th, 2019

Jika Mau Nyalon Kades, Inilah Aturan Pilkades 2019

seputartuban.com, TUBAN – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Tuban akan dilakukan serentak 274 desa tersebar di 20 kecamatan pada 10 Juli 2019 mendatang. Pesta demokrasi tingkat desa itu selain membuat suasana politik lokal dinamis juga menyedot perhatian banyak pihak. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Dispemas dan KB) Kabupaten Tuban, Mahmudi, kepada seputartuban.com, Selasa (05/03/2019) mengatakan saat ini sudah mulai tahapan awal rangkaian pelaksanaan Pilkades. “Untuk saat ini sudah dilakukan pembentukan panitia Pilkades,” ungkapnya. 

Kepala Dispemas dan KB Pemkab Tuban, Mahmudi

Ketentuan jumlah calon yang mengikuti Pilkades, ditentukan minimal 2 orang dan maksimal 5 orang. Jika sampai penutupan pendaftaran, jika hanya terdapat 1 calon atau bahkan tidak ada, maka akan dibuka perpanjangan waktu pendaftaran. 

“Setelah dibuka 20 hari ada lebih dari 2  calon maka akan dilanjutkan. Tetapi jika setelah dibuka pendaftaran lagi tetap tidak ada 2 berarti sesuai regulasi panitia akan melaporkan dan akan diisi PJ,” jelasnya. 

Jika terdapat lebih dari 5 calon, maka akan dirangking sesuai pengalaman kerja bidang pemerintahan, ijazah dan usia. Jika hasilnya masih sama, maka akan diadakan tes.  “Harapan untuk Pilkades, panitiannya bekerja secara profesional independen, tidak memihak ke salah satu calon. Panitia bekerja sesuai aturan dan regulasi yang ada. Dengan itu nanti pelaksanaan Pilkades akan berjalan dengan baik,” harapnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author



Berita Terkini

Videos