Published On: Sab, Sep 30th, 2017

Jelang Rekrutmen Perangkat Desa, Inilah Pesan Ketua Komisi A DPRD Tuban

seputartuban.com, TUBAN – Pemerintah Desa (Pemdes) merupakan struktur penting dan strategis dalam sistem tata negara Indonesia. Karena bersentuhan langsung dengan lapisan masyarakat bawah dalam memberikan pelayanan dalam berbagai bidang. Sehingga perlu keseriusan bersama dalam rekrutmen perangkat desa. 

Ketua Komisi A DPRD Tuban, Agung Supriyanto


Kabupaten Tuban, direncanakan mulai Oktober 2017 tahapan rekrutmen perangkat desa yang masih belum ada yang menjabat serentak dilakukan. Mulai pembentukan panitia, seleksi dan tahapan lainnya. 

“Begitu pentingnya peran Pemdes dalam sistem kelola pelayanan masyarakat, maka rekrutmen perangkat desa mestinya dianggap sesuatu yang menjadi prioritas mengingat keberadaannya betul-betul dibutuhkan masyarakat,” Kata Ketua Komisi A DPRD Tuban, Agung Supriyant, kemarin. 

Dia berharap seluruh Pemdes yang melakukan seleksi dan Pemda Tuban yang memiliki fungsi pembinaan dan pengawasan dapat memaksimalkan kinerjanya. 

“Kedua, jalannya rekrutmen perangkat desa melalui tes yang soalnya sudah dipersiapkan olem tim Pemda dalam pelaksanaannya nanti berbasis kompetensi. jangan sampai ada unsur perekayasaan oleh siapapun karena jika sampai terjadi unsur perekayasaan yangg berbasis like (suka) and dislike (tidak suka) maka nanti yang dirugikan adalah masyarakat. Mengingat tanggung jawab perangkat desa dalam melayani masyarakat amat berat, ” imbuhnya. 

Dengan keuangan dan kewenangan yg semakin masif seiring otonomi desa ini, jika perangkat desa yang dihasilkan tidak kompeten maka hasilnya akan sia-sia belaka.  NAL

Facebook Comments

About the Author