Published On: Sel, Mei 17th, 2016

Jelang Ramadhan Makam Sunan Bonang Dibanjiri Peziarah

TUBAN

seputartuban.com – Menjelang bulan suci Ramadhan, Makam Sunan Bonang dipenuhi peziarah. Kondisi ini juga berdampak pada meningkatnya perputaran ekonomi di lingkungan sekitar makam guru Sunan Kalijaga itu.

RAMAI : Para peziarah saat di komplek Makam Sunan Bonang

RAMAI : Para peziarah saat di komplek Makam Sunan Bonang

Pedagang di komplek pemakaman sunan bonang, Ahmad Rifa’i (45), mengatakan tiap mendekati bulan Ramadhan kondisi pemakaman selalu ramai pengunjung, hal itu berdampak barang daganganya yang laku dijual juga meningkat. Pedagang pernak pernik itu mengaku, pada momen seperti ini, barang dagangannya mampu terjual 4 sampai 5 kali lipat dari hari hari biasanya. “Sehari biasanya satu songkok bisa laku sudah bersyukur. Kalau saat seperti ini, sehari saya mampu menjual puluhan songkok,” ungkapnya, Senin (16/5/2016).

Pimpinan Yayasan Mabarrot Sunan Bonang, Ahmad Mudzir, mengatakan tiap mendekati Ramadhan Makam Sunan Bonang selalu dibanjiri peziarah. “Banyak yang berziarah untuk menyambut bulan Ramadhan,” katanya.

Ketua Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Tuban tersebut melanjutkan, selain menjelang bulan Ramadhan, makam salah satu Wali Songo tersebut juga ramai didatangi peziarah saat momen haul Sonan Bonang, bulan Rajab dan bulan Sya’ban.

Dia menambahkan, saat seperti ini tempat parkir Wisata Sunan Bonang selalu penuh, dengan kapasitas parkir hingga 80 bus wisata. Kebanyakan peziarahnya berasal dari kawasan Jawa Timur. “Tidak hanya pedagang di sekitar makam yang kebanjiran rezeki, para abang becak juga merasakan hal yang sama,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos