Published On: Rab, Apr 19th, 2017

Jelang Ramadan, Disperindag Pastikan Kebutuhan Pokok Aman

seputartuban.com, TUBAN – Ketersediaan kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Tuban jelang bulan suci ramadan dipastikan aman. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban Tuban Bhismo Setyo Adji, Selasa (18/4/2017).

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Koperindag Pemkab Tuban, Bhismo Setya Adji

Bahkan stok kebutuhan bahan pokok tersebut cukup hingga menjelang lebaran. “Untuk sasaran kesetabilan harga dan ketersediaan stok, sesuai pantauan kami seluruhnya stabil. Saat ini kami masih melakukan pantauanya ke sejumlah pasar untuk mengetahui harga kebutuhan pokok dan gas LPG,” imbnya.

Pemantauan dilakukan langsung oleh petugas lapangan. Untuk mengetahui kondisi stok hingga harga kebutuhan pokok.  Berdasarkan laporan yang diterimanya, untuk stok kebutuhan beras dan LPG tersebut diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat  hingga 2 bulan ke depan. Sedangkan harga bahan pokok bumbu dapur meliputi cabai dan bawang masih dikatakan fluktuatif.

Untuk menjaga kestabilan harga seluruh komoditi tersebut hingga memasuki bulan ramadhan, pihaknya sudah melakukan koordinasi melibatkan Bulog dan pihak Pertamina. “Kita sudah melakukan koordinasi dengan dua lembaga tersebut untuk memastikan ketersediaannya. Insyaallah tidak ada masalah,” imbuhnya.

Ia berharap agar masyarakat serta media turut melakukan pengawasan. Tujuanya, jika masyarakat menemui kejanggalan seperti ketidak sesuaian harga masing-masing komuditas tersebut dapat segera melaporkan kepada petugas pasar.

Sedangkan untuk kebutuhan bahan pokok seperti beras, minyak goreng curah, gula pasir, daging, dan telur. Masing-masing komuditas tersebut tetap stabil. “Data perbandingan harga rata-ratanya kami mengacu pada Siskaperbapo (Sistim Informasi Ketersediaan Harga Bahan Pokok) wilayah Jawa Timur,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBA

Facebook Comments

About the Author