Published On: Sen, Jun 1st, 2015

Jelang Puasa Semua Komoditas Daging Naik

TUBAN

TIDAK KAGET: Kartini, seorang penjual daging ayam di Pasar Baru Tuban, Senin (01/06/2015) pagi.

TIDAK KAGET: Kartini, seorang penjual daging ayam di Pasar Baru Tuban, Senin (01/06/2015) pagi.

seputartuban.com–Meski pelaksanaan ibadah puasa ramadhan baru akan dimulai dua pekan ke depan, namun harga semua komoditas daging di Kabupaten Tuban mulai merambat naik.

Titik awal lonjakan kenaikan yang sudah terjadi dua hari lalu tersebut merambah harga daging ayam, kambing serta daging sapi.

Kartini, salah satu pedagang daging ayam, mengatakan kenaikan harga tersebut merupakan hal lumrah. Meningkatnya permintaan masyarakat, dia sebut membuat mekanisme pasar ikut bergerak dinamis.

“Iya Mas, harga daging ayam sudah mulai naik sejak dua hari kemarinm” terangnya kepada seputartuban.com, Senin (01/06/2015) pagi.

Perempuan 55 tahun asal Kelurahan Kingking ini, menjelaskan harga daging ayam potong yang sebelumnya Rp 27.000 per kg menjadi Rp 30.000. Daging ayam kampung dari sebelumnya Rp 54.000 per kg berubah menjadi Rp 60.000.

Untuk harga jeroan seperti hati ampela sebelumnya Rp 18.000 per potong menjadi Rp 25.000. Jeroan kantung telur dan usus ayam dari harga sebelumnya Rp 22.000 per potong menjadi Rp32.000. Sedangkan untuk potongan kepala dan kaki ayam atau ceker kini dijual Rp 13.000 per kg.

Menurut Kartini, hari ini dia hanya menjual daging ayam potong saja di lapak Pasar Baru karena seluruh ayam kampung sudah ludes diborong tetangga untuk acara sykuran menyambut bulan ramadhan.

“Ini sudah tren setiap jelang datangnya bulan ramadhan. Jadi kenaikan harga pada nisfu sya’ban seperti sekarang ini ini masyarakat sudah tidak kaget lagi,” katanya.

Sementara pada lapak terpisah kenaikan serupa juga terjadi pada harga daging kambing dan sapi. Untuk daging kambing naik dari Rp 80.000 per kg menjadi Rp85.000. Untuk harga daging sapi dari sebelumnya Rp 90.000 per kg menjadi Rp 100.00.

“Kenaikan harga daging kambing dan daging sapi rata-rata tidak sama. Disesuaikan dengan kualitas dagingnya sendiri,” tutur Luluk, penjual daging kambing asal Kutorejo Gang III TUban.

Disebutkan, kenaikan harga berbagai daging tersebut tidak menutup kemungkinan masih akan merambat lagi. Sebab, kenaikan sekarang baru dan biasanya akan kembali normal saat ibadah puasa dimulai. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author