Published On: Sen, Jun 27th, 2016

Jelang Lebaran Harga Rental Mobil Meroket

TUBAN

seputartuban.com – Pengusaha rental mobil menjelang lebaran mulai panen order. Selain pesanan konsumen yang berlipat harga sewa juga naik berlipat dari biasanya. Bahkan konsumen sudah menyewa kendaraan hingga sepekan setelah lebaran.

rental mobilShohib, salah satu pengusaha travel dan rental di Tuban, mengatakan saat ini sewa mobil elf untuk rombongan sepi. Beralih penyewa mobil pribadi sedang melonjak tajam. Seminggu sebelum lebaran dia sudah menerima pesanan mobil. Bahkan 3 hari sebelum lebaran juga sudah mendapat pesanan. “Yang kesulitan saat hari raya juga ada yang pinjam,” ungkapnya, Minggu (26/6/2016).

Peminjam mobil biasanya memiliki keluarga jauh, sehingga untuk silaturrahmi lebaran lebih memilih menyewa mobil pribadi dibanding menumpang angkutan umum. Banyaknya konsumen membuat dia kehabisan stok kendaraan dan harus menolak pesanan. “Katanya lebih bebas pakai kendaraan sendiri. Paling sedikit rata-rata sewa 3 hari. Sangat banyak yang pinjam sampai 7 hari setelah lebaran”, katanya.

Soal harga, mengalami kenaikan hingga 2 kali lipat. Yang semula Rp. 200 ribu sehari untuk jenis Xenia mengalami kenaikan Rp. 400 ribu sampai Rp. 450 ribu tergantung tahun pembuatanya. Sedangkan jenis Avanza, Ertiga yang semula kisaran Rp. 250 ribu sehari mengalami kenaikan Rp. 500 ribu sampai Rp. 550 ribu sehari.

“Tergantung mobil dan tahunya, paling murah Rp. 300 ribu sehari, itupun kendaraanya sudah sangat sulit karena kebanyakan sudah diorder duluan. Seperti ini sudah biasa tiap tahunya,” pungkasnya.

Diketahui, jasa rental mobil tidak hanya dilakukan oleh para pengusaha rumahan. Namun dealer mobil bekas beberapa diantaranya juga menyewakan mobil jualanya. Dengan konsumen khusus yang dikenal saja, kendaraan yang belum laku dijual disewakan juga. Sehingga pengusaha mendapat pemasukan tambahan saat lebaran. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author