Published On: Sab, Okt 13th, 2012

Jelang Idul Adha, Harga Kambing Mulai Naik

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Menjelang hari Raya Idul Adha, harga kambing mulai naik, meskipun hari raya qurban masih beberapa pekan depan.

Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang peternak kambing jawa, Badrul (28), warga Dusun Winong, Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban mengungkapkan sebelumnya harga daging kambing sebesar  Rp.25.000, per-Kg berat badan dan sekarang sudah sebesar Rp. 35.000, per- Kg.

“untuk yang umur 1,5 tahun saja berkisar antara Rp. 1 jutaan, yang sudah 2 tahun bisa mencapai Rp. 2 jutaan. Dan untuk umur yang sama sekarang sudah ada kenaikan Rp. 200.000, tergantung  kegemukan kambing juga. minimal umur 1 tahun lebih sudah bisa digunakan untuk kurban, saya ternak milih kambing yang jantan, harganya mahal dan banyak dicari orang, yang paling besar bisa seharga Rp. 3 Juta,” tuturnya.

Sejak 4 tahun lalu peternak kambing ini sudah memulai profesinya sebagai peternak kambing musiman, 5 hingga 6 bulan sebelum Hari Raya Idul Adha, dia sudah menggemukkan kambing untuk dijual saat hari raya tersebut.

Meskipun hari raya masih kurang 2 pekan lagi, harga kambing sudah mulai mengalami kenaikan, sebelumnya harga daging kambing sebesar  Rp.25. 000, per- Kg berat badan dan sekarang sudah sebesar Rp. 35.000, per- Kg beraat badan.

Terpisah, Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian, Kabupaten Tuban, Basoeki, saat dikonfirmasi seputartuban.com, Jumat (12/10/2012), terkait hal ini menjelaskan bahwa, pihaknya juga belum mengecek adanya kenaikan harga kambing. Alasanya, waktu hari raya masih jauh. “saya belum tahu persis kenaikannaya, besok saya cek lagi,”ungkapnya.

Foto : Peternak Kambing di Tuban

Facebook Comments

About the Author