Published On: Kam, Sep 15th, 2016

Jamaah Haji Asal Tuban Meninggal Dunia

TUBAN

seputartuban.com – Lagi satu jamaah haji asal Kabupaten Tuban meninggal dunia. Kabar duka tersebut diketahui saat korban sebelum melakukan rangkaian ibadah haji di Mina, Selasa (13/9/2016) sekitar pukul 02.30 WIB.

HAJI MABRUR : CJH gelombang sesaat sebelum diberangkatkan dalam gelombang pertama

HAJI MABRUR : CJH Tuban 2016 sesaat sebelum diberangkatkan dalam gelombang pertama beberapa waktu lalu

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban, Abdul Ghofar, mengatakan, jamaah haji yang diketahui bernama Kadi Sanggem Suro asal Desa Sumur Geneng, Kecamatan Jenu tersebut meninggal sebelum melakukan rangkaian ibadah haji di Mina untuk lempar jumrah. “Wafat usai menjalani wukuf di Arafah,” katanya, Rabu (14/9/2016).

Mendadak Jamaah anggota kloter 46 tersebut lemas saat turun dari bus yang dari Musdalifa menuju ke Maktab Mina, sekitar pukul 02.30 WIB. Padahal menurut catatan medis tim Kesehatan jamaah haji, almarhum selama ini hanya mengalami sakit pilek. “Sebelumnya selama menjalankan ibadah haji almarhum dalam kondisi baik-baik saja,” terangnya via sms.

Dia menyampaikan kondisi jamaah asal Tuban hingga saat ini dalam kondisi baik-baik saja. Hanya, beberapa mengalami pilek namun masih bisa mengerjakan rukun haji dengan baik. Dia juga menyampaikan catatan dari kemenag RI, saat ini hanya satu orang yang meninggal dunia, yakni jamaah dari Tuban itu.

Terkait pemakamannya diambil alih oleh Pemerintah Arab Saudi. Pemerintah disana langsung menangani proses pengambilan jenasah di rumah sakit hingga pemakaman. “Almarhum sudah dibuatkan sertifikat meninggal dunia dan langsung dimakamkan di Arab Saudi,” masih kata Ghofar.

Diketahui sebelumnya, 10 Calon Jamaah Haji juga meninggal dunia sebelum bisa berangkat menjadi CJH. Yakni, Ahmad Mustafid warga Kecamatan Senori, Wiwik Tarwiyah warga Kecamatan Bangilan, Dasminah warga Kecamatan Merakurak, Abdur Rokim Kecamatan Tambakboyo. Sri Minah warga Kecamatan Kerek, Abdul Wachid warga Kecamatan Rengel, Siti Djuwariyah warga Kecamatan Soko, Taseran warga Kecamatan Plumpang, Mokh Hudaya dan Djumali warga Kecamatan Tuban.

Tahun lalu dua jamaah haji asal Kabupaten Tuban juga meninggal dunia, yakni atas nama Nasir bin Warnodo (83), warga Kecamatan Tambakboyo karena lanjut usia dan Sukri bin Syukur (70), warga Kecamatan Palang yang meninggal karena sakit sesak nafas. Dimana keduanya meninggal dunia di Makkah. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author