Published On: Sel, Mar 3rd, 2015

Jalan Poros Desa Ambrol Belum Dipastikan Perbaikanya

SOKO

DIBIARKAN SAJA : Kondisi jalan rusak parah belum diperbaiki, Senin (02/03/2015)

DIBIARKAN SAJA : Kondisi jalan rusak parah belum diperbaiki, Senin (02/03/2015)

seputartuban.com – Kondisi jalan poros Desa Mentoro-Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban yang ambrol belum dapat dipastikan perbaikanya. Karena hingga saat ini baru akan dilakukan pembahasan untuk diusulkan perbaikanya.

Kondisi ambrol hingga setengah lebih badan jalan. Hal ini terjadi akibat tergerus air saat hujan lebat. Warga cemas, jika tidak segera dilakukan perbaikan, kondisi jalan akan semakin parah.

Menurut warga Dusun Sumberdadi RT. 06 RW. 03 Desa Mentoro, Agus Cahyono(32), mengatakan kondisi jalan yang ambrol sudah sebulan. Namun hingga saat ini belum nampak adanya upaya perbaikan. “Terkikisnya badan jalan tersebut diakibatkan banjir bandang pada Selasa (03/02/2015),” terangnya, Senin (02/03/2015).

Jalan rusak didepan rumahnya tersebut saat hujan lebat, air dari kawasan perbukitan mengalir deras dalam jumlah besar (banjir bandang). Karena derasnya arus air dan tidak ada tembok penahan, membuat jalan ambrol.

Bangunan bronjong yang terdapat pada bibir sungai ambrol hingga menyebabkan kerusakan parah badan jalan. Mengalami ambrol dengan lebar 4,5 meter dan panjang 8 meter.

Jalan poros desa ini selalu ramai dilalui masyarakat. Kondisi ini jelas sangat mengganggu aktivitas warga untuk bepergian keluar atau masuk desa serta aktivitas pertanian lainya. Lebih rawan lagi dari kedua arah jalan tidak terdapat papan peringatan yang cukup. Sehingga jika tidak terbiasa melintas, sangat membahayakan pengguna jalan.

Menanggapi hal ini, Camat Soko, Muji Slamet mengaku belum dapat memastikan kapan perbaikan jalan ambrol akibat banjir bandang ini. Karena pihaknya belum dapat melakukan usulan pembangunan. Ada mekanisme yang harus dilalui untuk dapat dilakukan perbaikan jalan tersebut.

“Kami masih melakukan pengkajian dan pembahasan tentang kerusakan di wilayah Kecamatan Soko untuk dilakukan pembahasan kemudian. Jadi untuk sementara kami belum dapat mengupayakan penanganan,” ungkapnya.

Hingga saat ini pihak Kecamatan Soko masih melakukan pendataan kerusakan jalan diwilayahnya. Kemudian baru akan diajukan ke Pemkab Tuban untuk dilakukan tindak lanjut.

Sumber yang diperoleh mengatakan kerusakan jalan juga terjadi pada poros Desa Bangunrejo ke Desa Rahayu, Kecamatan Soko. Masyarakat berharap perbaikan segera dilakukan agar tidak membahayakan keselamatan dan memperlancar aktivitas warga. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. huda syaifudin berkata:

    mas, jalan di desa dagangan kec, parengan baru 4 bulan di perbaiki sekarang longsor lagi gara2 hujan tiap hari.. mohon kabar ini segera di dengar oleh pemkab tuban.