Published On: Sel, Mei 29th, 2012

Jalan Pakah – Palang Rusak Parah, PU Berjanji Segera Perbaiki

Share This
Tags

Penulis : Hendra

SEMANDING

seputartuban.com – Akhir-akhir ini banyak masyarakat yang mengeluh terkait dengan banyaknya jalan-jalan yang mulai rusak. Diantaranya jalan yang menghubungkan antara Dusun Pakah, Desa Gesing, Kec. Semanding menuju Kecamatan Palang ini mengalami rusak parah, dan tidak kunjung dibenahi.

Alhasil, kondisi ini selain membahayakan pengguna jalan khususnya bagi yang jarang melintas dijalur ini. Kondisi makin parah jika hujan melanda. Jalang yang berlubang ini menjadi kubanga air. Dan membuat pengguna jalan baik roda dua maupun empat mengalami kesulitan melintas. Selain itu juga rawan terjadinya kecelakaan.

Salah satu perangkat Desa Gesing, Ahmad Mutohir, kepada seputartuban.com, Selasa (29/05/2012) menjalaskan bahwa selain parah saat hujan, saat panas melanda jalan ini berubah menjadi berbedebu dan hal ini juga membahayakan pengguna jalan khususnya roda dua. Karena debu yang beterbangan dapat saja terhisap oleh pengendara dan menjadi penyakit pernafasan.

”Jalan ini banyak yang berlubang dan berdebu, terkadang macet juga sering terjadi dikarenakan jalan yang tidak rata, rusaknya jalan yang menjadi akses antar kecamatan ini sudah sekitar enam bulan yang lalu,”jelasnya.

Karena begitu parahnya kerusakan yang terjadi di sepanjang jalan ini. Banyak para sopir yang menyumbangkan beberapa material tanah uruk (katel) untuk menutup lubang-lubang jalan yang ada agar pengguna jalan tidak mengalami kecelakaan.

“Kami sangat berharap kondisi jalan yang sangat memprihatinkan ini perlu segera mendapatkan perhatian dari Dinas Pekerjaan Umum untuk segera diperbaiki,” Harap Mutohir.

Terpisah, Kasi Operasional dan Pengedalian Jalan, Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Tuban, Izuddin menjelaskan bahwa, pada tahun 2012 ini pihaknya sudah melakukan pemeliharaan jalan rutin sebanyak 55,65 km dengan total anggaran Rp. 19.250.000.000.000,- serta pemeliharaan  berkala sepanjang 22,325 km dengan total anggaran mencapai Rp. 11.426.000.000.000. “ini semua kami lakukan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Tuban,” jelasnya.

Berkaitan dengan kerusakan jalan penghubung Pakah dengan Palang ini, izzudin menjelaskan bahwa pihaknya saat ini masing menunggu proses lelang, dan hasilnya akan diumumkan siapa CV pemenang lelangnya untuk melakukan perbaikan akses jalan tersebut.

Saat ditanya tentang kapan waktu pelaksanaan perbaikan akan dimulai, Izzudin memperkirakan sekitar Juni depan sudah mulai diperbaiki, “ Insyaallah pertengahan Juni pelaksanaan perbaikan sudah bisa dimulai,” tegasnya.

Foto : Kondisi jalan yang rusak parah, dan Kasi Operasional dan Pengedalian Jalan, Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Tuban, Izuddin

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos