Published On: Kam, Mar 12th, 2015

Jaga UN Tetap Sakral Hardiknas Tuban Dimajukan

TUBAN

SPIRIT: Sejumlah siswa dengan penuh semangat melaksanakan senam sehat di halam sekolahnya.

SPIRIT: Sejumlah siswa dengan penuh semangat melaksanakan senam sehat di halam sekolahnya. (foto: WANTI TRI APRILIANA)

seputartuban.com-Momentum hari pendidikan nasional (Hardiknas) tahun ini diperingati agak beda.

Jika sebelumnya dilaksanakan setiap tanggal 2 Mei, namun kali ini perayaannya dimajukan jauh sebelum momentum tersebut tiba.

Keputusan beda ini dilakukan mengingat pada Mei mendatang seluruh siswa kelas akhir pada semua tingkatan sudah harus berjibaku dengan even ujian nasional (UN).

Untuk menjaga kesakralan UN yang kali ini bukan lagi menjadi standar kelulusan siswa, peringatan Hardiknas dimajukan beberapa langkah.

“Peringatan Hardiknas dimajukan semata agar tidak menganggu kegiatan semester para siswa,”  jelas ketua panitia lomba Hardiknas SD Tuban, Sardjito. Kamis (12/03/2015) pagi.

Penggawa UPTD Disdikpoira Kecamatan Tuban ini, mengatakan angenda lomba saat ini hanya diperuntukan khusus untuk siswa SD saja. Sejumlah cabang olahraga yang dilombakan adalan bola voli, bulu tangkis, tenis meja, sepak takrow, catur, renang serta atletik.

Meski begitu, sambung dia, rangkaian peringatan Hardiknas yang digelar sederhana ini tetap tak mengurangi antusias para siswa SD yang menjadi kafilah sekolahnya masing-masing, saat mengikuti senam sehat sebagai pembuka rangkaian acara tersebut.

Selain cabang olahraga, juga akan dilaksanakan kompetisi seni mulai tanggal 6-11 April 2015, di antaranya lukis, nyanyi tunggal, baca puisi serta samroh.

Sedangkan peringatan serupa untuk siswa tingkat SMP dan SMA akan digelar bersamaan dengan even O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional).

Sementara di tgempat lain, antusias perayaan Hardiknas Kecamatan Tuban juga ditampakkan para guru pendamping. Mereka mengaku melakukan persiapan khusus untuk menjadi yang terbaik.

“Namun dari sekolah kami sendiri terkendala lapangan untuk siswa berlatih. Tapi itu tidak membuat kami meyerah. Dengan fasilitas yang minim siswa tetap semangat,” ujar Sofi, guru olahraga di SDN Doromukti.  WANTI TRI APRILIANA

Facebook Comments

About the Author