Published On: Rab, Sep 21st, 2016

Jaga Stok Darah Aman, PMI Tuban Gencar “Jemput Bola”

TUBAN

seputartuban.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tuban saat ini mampu memenuhi target  stok darah tiap bulan. Dengan cara hampir tiap hari mendatangi instansi/lembaga untuk memberikan fasilitasi donor darah.

Kepala Unit pencarian Pelestarian Donor Darah Sukarela PMI Cabang Tuban, Agus Harjunadi

Kepala Unit pencarian Pelestarian Donor Darah Sukarela PMI Cabang Tuban, Agus Harjunadi

Kepala Unit pencarian Pelestarian Donor Darah Sukarela PMI Cabang Tuban, Agus Harjunadi, Selasa (20/9/2016) mengatakan target stok darah yang ditetapkan masih selalu dapat dipenuhi tiap bulan. “Kami menargetkan darah perbulan minimal itu 900 kantong dan sudah mampu terpenuhi,” ungkapnya.

Syarat bagi pendonor minimal 17 tahun sampai usia tidak terbatas selama kondisi kesehatanya masih layak. “Untuk umur maksimal tidak ada batasannya, selama dia rutin donor dan baik kondisi kesehatannya,” ujarnya.

Bagi para pendonor yang sudah rutin melakukan aktivitas donor darahnya mendapat penghargaan dari pemerintah. Mulai dari 10 kali, 25 kali, 50 kali, 75 kali hingga 100 kali. “Penghargaan yang di berikan untuk yang 50 kali pendonor sudah kemarin di Pendopo Pemkab Tuban dalam acara ulang tahun PMI. Untuk penghargaan 75 kali bagi pendonor baru akan diadakan Desember di Kantor Gubernur Jatim. Sedangkan untuk yang 100 kali akan mendapat pengahargaan langsung dari Bapak Presiden RI di Istana,” ungkapnya.

Kondisi masyarakat tuban wilayah perkotaan terhadap kepedulian donor darah tergolong baik. Berbeda dengan kondisi di wilayah pedesaan kesadaranya masih rendah. Saat ini stok golongan darah sebanyak 293 kantong. Dengan rincian golongan darah A sebanyak 99 kantong, golongan darah B sebanyak 49 kantong, golongan darah AB sebanyak 100 kantong serta golongan darah O sebanyak 45 kantong. ROCHMATUL MINAN

Facebook Comments

About the Author