Published On: Ming, Mar 2nd, 2014

Jadwal Pelaksanaan Kampanye Terbuka Belum Jelas

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Penjadwalan pelaksaan kampanye terbuka untuk Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Tuban dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) hingga saat ini belum ada kepastian. Meski secara umum sudah dipastikan sejak 16 Maret sampai 5 April 2014.

Wasis KPUD

Divisi Kempanye dan Pendaftaran Calon KPU Kab. Tuban, Wasis Susilo

Menurut Divisi Pencalonan dan Kampanye Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kab. Tuban, Wasis Susilo, saat dikonfirmasi Jum’at (28/2/2014) mengatakan Ketidak jelasan jadwal ini karena aturan KPU Pusat berubah.

Sebelumnya dalam penyusunan jadwal kampanye untuk tingkat Kabupaten dilakukan oleh KPUD Kabupaten, untuk tingkat propinsi dilakukan oleh KPU Propinsi. “Sesuai dengan PKPU nomor 1 tahun 2013 tentang penyusunan jadwal kampanye, kita sudah membuat rencana jadwal tersebut. Namun ada surat edaran dari KPU Pusat penjadwalan kampanye akan dilakukan oleh KPU Pusat,” ungkapnya.

Sebenarnya juga sudah direncanakan selama 21 hari dijadwalkan kampanye  dan setiap Parpol diberi waktu 1 hari penuh. Setelah itu setiap harinya 4 Parpol bisa melakukan kampanye ditempat yang berbeda-beda sesuai dengan udian. Untuk tiap parpolnya bisa melakukan kampanye 3 kali, sebab tiap hari 4 parpol dan waktunya 9 hari.

“Kita sudah menyusun rencana jadwal pelaksanaan kampanye terbuka, dan tiap Parpol bisa melakukan kampanye 1 hari penuh diseluruh Dapil secara serempak. 3 kali kampanye sesuai dengan jadwal,” jelasnya.

Namun setelah dilakukan rapat kordinasi di Surabaya, penjadwalannya akan dilakukan oleh KPU Pusat, dan dikwatirkan tidak sesuai dengan konsep yang sudah dibuat oleh KPUD Tuban. “Kemarin pertemuan dari Surabaya, jadwalnya akan dibuat dari pusat. Daftar dari pusat akan kita singkronkan. Sesuai dengan Pasal 27 PKPU nomor 1 tahun 2013, pelaksanaan kampanye terbuka sesuai dengan nomor urut Parpol,” Kata Wasis.

Diketahui, sesuai dengan aturan yang ada, jadwal palaksanaan kampanye terbuka partai politik harus sudah menerima jadwal tersebut 14 hari sebelum pelaksanaan kampanye. Tetapi hingga saat ini KPUD Tuban belum menerima jadwal dari KPU Pusat, sebenarnya tanggal 2 Parpol harus sudah menerima jadwal tersebut. (lis)

Facebook Comments

About the Author

Videos