Published On: Jum, Jul 26th, 2013

Jadi Langganan Terjangan Ombak Tahunan

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Ombak besar memporak porandakan 12 rumah di 2 keluarahan di Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Kondisi ini disebabkan cuaca ekstrim pantai utara Tuban.

ombak tuban

KURANG DIPERHATIKAN : Kondisi rumah warga rusak akibat dihantam ombak. Kondisi ini sudah menjadi langganan tiap tahunya

Seperti yang terjadi pada rumah Kholik Susanto (40), warga Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Kamis (25/07/2013). Terlihat dinding rumahnya runtuh rata dengan tanah. Karena dihantaman ombak setinggi 3 meter.

Tidak hanya itu, rumahnya juga harus terendam air laut akibat rob yang menggenang di depan rumahnya. Ketinggian rob mencapai 5 Cm sampai 30 Cm. Hal tersebut membuat dirinya serta seluruh keluarganya harus mengungsi ke rumah tetangga.

Untuk mencegah adanya rob yang lebih besar, Kholik membuat tanggul darurat dari tanah yang dimasukkan dalam karung. Terlihat dirinya sedang menumpuk karung untuk menahan ombak besar. Selain dinding rumah, ombak juga merusak beberapa atap rumah warga lainya.

Di Kelurahan kingking, Kecamatan Tuban juga banyak rumah warga yang rusak akibat ombak besar. Dari keterangan Kholik yang juga tokoh agama ini mengatakan sekitar 12 rumah warga rusak berat dan ringan.

Sampai saat ini, para korban sudah mendapat bantuan berupa sembako dari masing-masing kelurahan. Bantuan berupa beras, minyak, gula dan lainnya. Setelah warga melaporkan adanya kejadian tersebut ke pihak kelurahan.

Disoal adanya kejadian itu, Kholik menjelaskan, setiap tahun pasti terjadi seperti ini. Disamping akibat anomali cuaca, juga akibat tidak penahan ombak. Pihaknya berharap ada bantuan pemerintah berupa tanggul penahan ombak di sepanjang pesisir Tuban. Sehingga rumah warga tidak jadi langganan dihantam ombak hingga rusak. “Setiap pertengahan tahun sekitar tanggal 8 atau 9 mesti seperti ini. Belum ada tindakan nyata dari pemerintah terkait ombak ini. Kalau bisa ada bendungan ombak,” harapnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiono mengatakan bahwa, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kelurahan setempat. Dan juga telah memberikan bantuan sembako sebanyak 36 paket untuk korban terjangan ombak itu.

Ditanya pembuatan tanggul penahan ombak, pihaknya sudah merekomendasikan pembuatannya. Sebagai pernyataan tanggap darurat untuk bencana rob dan ombak. “Kita menunggu persetujuan Bupati, setelah itu kita susun rencana pembuatannya, ” ungkapnya. (han)

Facebook Comments

About the Author